Penerapan model quantum teaching sebagai upaya meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IIIA SDN Kenongo 1 Sidoarjo / Tsamrotul Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model quantum teaching sebagai upaya meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IIIA SDN Kenongo 1 Sidoarjo / Tsamrotul Firdaus

Firdaus, Tsamrotul (2017) Penerapan model quantum teaching sebagai upaya meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas IIIA SDN Kenongo 1 Sidoarjo / Tsamrotul Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firdaus Tsamrotul. 2017.Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Pembelajaran IPA Siswa Kelas IIIA SDN Kenongo 1 Sidoarjo. Skripsi Program Studi SI PGSD Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd(2) Drs. Toha Mashudi S.Pd M.Pd Kata kunci ModelQuantum Teaching pembelajaran IPA aktivitas hasil belajar Berdasarkan hasil observasi di kelas IIIA ditemukanbahwa peran guru lebih mendominasidibandingkan dengan siswa antusias siswa dalam belajar cenderung kurang karena suasana belajar membosankan keterlibatan siswapada pembelajaran masih rendah.Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan perbaikan dalam pembelajaran dengan menerapkan modelQuantum Teaching. Dengan modelQuantum Teachingsiswa lebih terlibat aktif memperoleh pengetahuan dengan suasana yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan modelQuantum Teaching pada pembelajaran IPA aktivitas siswa selama penerapan modelQuantum Teaching hasil belajar siswa dengan menggunakan modelQuantum Teaching. Penelitian ini menggunakan model deskriptif kualitatif yang dilaksanakan 2 siklus tiap siklus terdiri dari 4 tahapan meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi.Jenis penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus dari Kemmis Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dokumentasi dan tes.Subjek penelitian ini siswa kelas IIIA yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 15 perempuan.. Hasil penerapan modelQuantum Teachingdengan rancanganTANDURdalam pembelajaran IPA sebagai berikut (1) Aktivitas guru dalam menerapkan modelQuantum Teachingtelah terlaksana dengan baik (2)Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan siklus I sebesar 82 5% meningkat menjadi 85% pada siklus II(3) Hasil belajar siswa juga meningkat nilai rata-rata siswa pada tahap pratindakan mencapai 68 dengan prosentase ketuntasan klasikal 29 6%. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 72 dengan prosentase ketuntasan klasikal 56% dan meningkat lagi pada siklus II nilai rata-rata siswamencapai 83 dengan prosentase ketuntasan klasikal 78%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan modelQuantum Teachingdapat meningkatkan pembelajaran. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Disarankan bagi guru agar dalam pelaksanaan pembelajaran perlulah adanya pengelolaan waktu oleh guru dengan cara mengajak siswa menyepakati waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6493

Actions (login required)

View Item View Item