Model hubungan guru-siswa pengaruh motivasi, efikasi diri, keterampilan komunikasi dal lokus kendali internal terhadap hubungan guru-siswa di Madrasah Aliyah Negeri di Provinsi DKI Jakarta / J. Herman S. - Repositori Universitas Negeri Malang

Model hubungan guru-siswa pengaruh motivasi, efikasi diri, keterampilan komunikasi dal lokus kendali internal terhadap hubungan guru-siswa di Madrasah Aliyah Negeri di Provinsi DKI Jakarta / J. Herman S.

Herman S., J. (2015) Model hubungan guru-siswa pengaruh motivasi, efikasi diri, keterampilan komunikasi dal lokus kendali internal terhadap hubungan guru-siswa di Madrasah Aliyah Negeri di Provinsi DKI Jakarta / J. Herman S. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Herman Jimmy S. 2015. Model Hubungan Guru-Siswa. Pengaruh Motivasi Efikasi-diri Ketrampilan Komunikasi dan Lokus Kendali Internal Terhadap Hubungan Guru-Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Provinsi DKI Jakarta. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Promotor (I) Prof. Dr. Marthen Pali M.Psi (II) Dr. Adi Atmoko M.Si (III) Dr. Imanuel Hitipeuw MA. Kata Kunci Hubungan Guru-Siswa Motivasi Efikasi-diri Keterampilan Komunikasi Lokus Kendali Internal. Pembelajaran yang baik tergantung dari hubungan guru-siswa yang dipengaruhi oleh banyak faktor. Penelitian ini difokuskan pada uji model hubungan guru-siswa selama pembelajaran di kelas yang melibatkan variabel motivasi efikasi-diri keterampilan komunikasi dan lokus kendali internal. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri di Provinsi DKI Jakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif eksplanatori dengan data bersifat cross-sectional. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dengan skala. Koefisien reliabilitas butir instrumen berkisar 0 88 sampai 0 90 dan koefisien validitas berkisar 0 44 sampai 0 90. Populasi penelitian ini adalah 614 guru dari 22 MAN di Provinsi DKI Jakarta sedangkan sampel 120 responden dari 12 MAN terpilih dengan teknik cluster random sampling. Analisis data menggunakan structural equation modeling (SEM) dengan AMOS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model hipotesis yang diajukan adalah diterima ( 61539 2 78 022 db 65 p 0 129 GFI 0 920). Pada sepuluh jalur yang ada dalam model terdapat enam jalur teruji signifikan sedangkan pada empat jalur lainnya adalah tidak signifikan. Pada model akhir diperoleh hasil adanya pengaruh signifikan (1) motivasi terhadap efikasi-diri (2) motivasi terhadap lokus kendali internal (3) efikasi-diri terhadap lokus kendali internal (4) motivasi terhadap hubungan guru-siswa (5) efikasi-diri terhadap hubungan guru-siswa dan (6) keterampilan komunikasi terhadap hubungan guru-siswa. Hasil temuan penelitian ini menyatakan bahwa terdapat faktor pribadi guru yang memberi pengaruh signifikan terhadap hubungan guru-siswa maka disarankan agar para ilmuwan dapat melanjutkan hasil penelitian ini dengan menguji faktor-faktor pribadi lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini sehingga memperluas khasanah teoritik yang terkait dengan hubungan guru-siswa. Untuk kepentingan praktis disarankan agar seleksi rekrutmen guru perlu diintensifkan dan diekstensifkan tes psikologis tentang kepribadian guru utamanya yang terkait dengan aspek-aspek yang paling kuat dalam setiap variabel antara lain aspek arah dalam motivasi aspek waktu dalam lokus internal guru.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64925

Actions (login required)

View Item View Item