Keefektivan model jurisprudential inquiry untuk meningkatkan empati mahasiswa / Murdianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektivan model jurisprudential inquiry untuk meningkatkan empati mahasiswa / Murdianto

Murdianto (2015) Keefektivan model jurisprudential inquiry untuk meningkatkan empati mahasiswa / Murdianto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Murdianto 2014 Keefektifan Model Jurisprudential Inquiry Untuk Meningkatkan Nilai Empati Mahasiswa Disertasi Program Studi Psikologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof . Dr. I Wayan Ardhana M.A (II) Dr. Dany M. Handarini M.A (III) Dr. H. Triyono M.Pd Kata Kunci Jurisprudential Inquiry Empati Mahasiswa Empati penting dimiliki seorang individu terutama bagi mereka berprofesi sebagai penolong seperti guru konselor dan profesi sejenisnya. Empati dapat menumbuhkan sikap peduli menghargai bertanggung jawab serta sikap altruistik meningkatkan kemudahan seseorang untuk membangun komunikasi dengan orang lain menumbuhkan penalaran moral mengurangi perilaku kekerasan tindakan mengganggu orang lain (bullying). Meningkatkan empati bagi calon guru adalah suatu keniscayaan dan dapat dilakukan dalam latar perkuliahan bagi calon guru di perguruan tinggi. Dalam penelitian ini model pembelajaran yang dipakai dalam meningkatkan empati adalah model Jurisprudential Inquiry. Model ini direkomendasikan khusus untuk individu dewasa dan digunakan untuk mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai kebaikan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model jurisprudential inquiry efektif untuk meningkatkan empati mahasiswa . Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model jurisprudential inquiry efektif dalam meningkatkan empati mahasiswa. Penelitian ini menggunakan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Subyek penelitian ini berjumlah 19 orang yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dan hasil eksperimen Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non-parametrik yakni uji Mann Whitney dan uji Wilcoxon. Dalam analisis peneliti menggunakan bantuan software statistik yang digunakan dalam program microsoft windows yakni SPSS release 20.0 for windows. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan empati mahasiswa antara kelompok eksperimen (jurisprudential inquiry) dengan kelompok kontrol. Dari hasil dan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model jurisprudential inquiry efektif dalam meningkatkan empati mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64923

Actions (login required)

View Item View Item