Pengaruh self perception, self concept, self efficacy, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa underachiever di Sekolah Dasar Negeri (SDN) se-kota Pati / Sulthon - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh self perception, self concept, self efficacy, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa underachiever di Sekolah Dasar Negeri (SDN) se-kota Pati / Sulthon

Sulthon (2015) Pengaruh self perception, self concept, self efficacy, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa underachiever di Sekolah Dasar Negeri (SDN) se-kota Pati / Sulthon. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulthon 2015 Pengaruh Self Perception Self Concept Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Underachiever di SDN se- Kota Pati Jawa Tengah Program Studi Psikologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang Promotor Prof. Dr. Marthen Pali M.Psi. Ko-Promotor (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana M.A. Ko-Promotor (II) Dr. H. Triyono M.Pd. Kata kunci self perception self concept self efficacy motivasi belajar dan prestasi belajar siswa underachiever Banyak siswa SD yang mengalami kegagalan dalam mencapai hasil belajar yang sesuai dengan kemampuannya. Hal ini disebabkan oleh kurang positifnya academik self perception siswa serta negatif self concept sehingga berdampak pada rendahnya keyakinan diri untuk sukses (self efficacy) yang pada akhirnya akan menyebabkan rendah motivasi dalam belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh self perception siswa underachiever terhadap self concept self efficacy motivasi belajar dan prestasi belajarnya 2) pengaruh self concept siswa underachiever terhadap self efficacy motivasi belajar dan prestasi belajarnya 3) pengaruh self efficacy siswa underachiever terhadap motivasi belajar dan prestasi belajarnya 4) pengaruh motivasi belajar siswa underachiever terhadap prestasi belajarnya dan juga menguji 5) model teoritik pengaruh self perception self concept self efficacy dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa underachiever di SD serta menguji pengaruh antar faktor dalam model. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan causal relationship-explanation terhadap 270 sampel siswa Underachiever di SDN yang mewakili 11 Kecamatan di Kota Pati. Data dikumpulkan dengan 4 kuesioner yang semuanya memiliki nilai unidimensionalitas konstruk Goodness of Fit Index (GFI) lebih besar dari 0.900 dan nilai reliabilitas komposit dan Alpha Cronbach lebih besar dari 0.700. Data dianalisis dengan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan program Amos 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model structural telah layak dengan Goodness of Fit Index (GFI 0.932 0.900) dan memperoleh dukungan data empiris ( 61539 2 184.0500.05). Hasil penelitian juga menunjukkan ada pengaruh 1) self perception siswa underachiever terhadap self concept nya dengan critical ratio (C.R) 4.874 (p

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64922

Actions (login required)

View Item View Item