Suyadi (2015) Pola pendidikan karakter siswa melalui pendidikan Islam terpadu / Suyadi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Suyadi 2014. Pola Pendidikan Karakter Siswa melalui Pendidikan Islam Terpadu. Disertasi. Program Studi Psikologi Pendidikan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Ed. M.Pd. (II) Dr. Triyono M.Pd. (III) Dr. Adi Atmoko M.Si. Kata kunci Pola Pengembangan Karakter Pendidikan Islam Terpadu 12288 12288 12288 12288 Pendidikan karakter diperlukan agar setiap individu menjadi orang yang lebih baik menjadi warga masyarakat yang lebih baik dan menjadi warga negara yang lebih baik. Untuk itu salah satu yang harus dijalankan oleh para orang tua dan pendidik adalah melestarikan dan mengajarkan nilai-nilai moral pada anak-anak sebagai calon generasi penerus bangsa. Nilai-nilai moral yang ditanamkan akan membentuk karakter yang merupakan fondasi utama terbentuknya sebuah tatanan masyarakat yang beradab dan sejahtera. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan tentang bagaimana pola pendidikan karakter siswa di SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta yang meliputi (1) integratif (2) inkulkasi nilai (3) qudwah hasanah (4) kooperatif (5) rawat resik rapi dan sehat dan (6) berorientasi pada mutu. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan studi kasus tunggal dimana pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada yayasan kepala sekolah guru karyawan orang tua siswa dan alumni. Pengamatan dilakukan pada perilaku karakter siswa di sekolah maupun di rumah sesuai fokus penelitian sedangkan studi dokumentasi dilakukan pada dokumen-dokumen dan arsip-arsip sekolah maupun publikasi sesuai fokus penelitian. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pendidikan karakter siswa di SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta berhasil membentuk karakter siswa yang unggul akademik dan spiritual sebagaimana tertuang dalam 10 muwashofat kepribadian. 12288 12288 12288 12288 Bertitik tolak dari temuan penelitian ini beberapa saran yang dapat diberikan kepada SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta agar senantiasa mempertahankan dan meningkatkan kualitas karakter siswa maupun seluruh sivitas akademika yang ada di dalamnya dan bersedia membina sekolah-sekolah lain agar program pendidikan karakter bisa dimiliki oleh semua sekolah di Yogyakarta pada khususnya. Untuk penelitian lanjut diharapkan dilakukan penelitian lebih mendalam agar ditemukan teori-teori baru yang lebih subtantif dan aplikatif dalam implementasi pendidikan karakter di sekolah.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64921 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |