Peningkatan academic engagement siswa melalui penerapan model Problem Based Learning di Madarasah Tsanawiyah / Alimul Muniroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan academic engagement siswa melalui penerapan model Problem Based Learning di Madarasah Tsanawiyah / Alimul Muniroh

Muniroh, Alimul (2015) Peningkatan academic engagement siswa melalui penerapan model Problem Based Learning di Madarasah Tsanawiyah / Alimul Muniroh. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Academic engagement siswa di madrasah memiliki ide utama yang berhubungan dengan peran serta siswa dalam aktivitas dan kondisi pembelajaran. Siswa yang memiliki peran aktif dalam aktivitas pembelajaran seperti memperhatikan keterangan saat belajar atau memiliki inisiasi bertanya dalam pembelajaran tidak saja memudahkan guru untuk mengelola pembelajaran namun dapat mendorong siswa yang lain untuk berpartisipasi aktif dalam kelas. Academic engagement tidak hanya mendorong partisipasi siswa tapi juga dapat dijadikan prediktor kesuksesan siswa dalam belajar di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui peningkatan academic engagement siswa melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) di madrasah. Penerapan model PBL dalam bahasa Indonesia mendorong pendekatan kolaboratif dan konstruktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu siswa yang lebih banyak terlibat dengan proses pembelajaran berbasis masalah memperlihatkan perilaku yang lebih baik dalam pembelajaran. Penerapan model PBL di madrasah didesain agar para siswa senantiasa melakukan kerjasama dengan siswa yang lain sehingga dalam memecahkan masalah terdapat kerjasama dalam kelompok pada gilirannya dapat meningkatkan academic engagement siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen subjek tunggal dengan desain multiple baseline across subject. Subjek dalam penelitian ini berperan sebagai subjek penelitian yang diintervensi sekaligus sebagai control participant. Jumlah subjek penelitian sebanyak empat siswa PUC TIR EVN dan LMR. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil identifikasi subjek melalui instrumen academic engagement scale for grade school students (AES-GS) dengan perolehan hasil nilai paling rendah dan hasil observasi terhadap siswa yang menunjukkan nilai stabil rendah. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi. Analisis grafik digunakan dalam menganalisis data meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Analisis dalam kondisi merupakan analisis yang digunakan untuk menganalisis adanya perubahan dalam satu kondisi. Sementara analisis antar kondisi untuk menganalisis perubahan dari kondisi satu ke kondisi lain yaitu kondisi baseline ke kondisi intervensi. Hasil analisis grafik dan tabel pada kondisi baseline menunjukkan perilaku academic engagement stabil rendah namun pada kondisi intervensi perilaku academic engagement meningkat. Peningkatan academic engagement pada masing-masing siswa terjadi setelah dilakukan intervensi melalui penerapan model PBL. Masing-masing subjek penelitian memiliki kecenderungan yang berbeda pada setiap perilaku academic engagement yang muncul sehingga nilai rata-rata tertinggi pada masing-masing perilaku juga berbeda. PUC menunjukkan peningkatan sebesar 2 71 nilai rata-rata dari 1 56 ke 4 27 TIR menunjukkan peningkatan nilai rata-rata 2 56 dari 1 57 ke 4 33 EVN peningkatan nilai rata-rata 2 82 yaitu dari 1 64 ke 4 46 dan LMR menunjukkan peningkatan nilai rata-rata sebesar 2 76 dari 1 64 ke 4 40. Dari jumlah rata-rata secara keseluruhan perubahan peningkatan academic engagement dari masing-masing subjek penelitian yang paling tinggi adalah EVN. Berdasarkan hasil penelitian ini guru disarankan agar menerapkan PBL pada mata pelajaran yang lain. Kepada pengelola madrasah disarankan agar memberikan wawasan tentang pentingnya peningkatan academic engagement kepada siswa dan guru serta memberikan berbagai macam pelatihan kepada guru terkait dengan model-model pembelajaran yang dapat meningkatkan academic engagement. Kepada peneliti selanjutnya disarankan agar dapat (1) mencoba menerapkan model PBL pada mata pelajaran yang lain (2) menerapkan model PBL di jenjang pendidikan yang lebih tinggi (3) menerapkan PBL dengan menggunakan desain penelitian yang lain seperti eksperimen dengan kelompok kontrol atau survey (4) mengembangkan berbagai macam strategi yang dapat meningkatkan academic engagement siswa selain dari model problem based learning.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64920

Actions (login required)

View Item View Item