Peningkatan hasil belajar IPS tentang peranan tokoh melalui model picture and picture pada siswa kelas V SDN Karangrejo 03 Kabupaten Blitar / Yuana Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS tentang peranan tokoh melalui model picture and picture pada siswa kelas V SDN Karangrejo 03 Kabupaten Blitar / Yuana Pratiwi

Pratiwi, Yuana (2017) Peningkatan hasil belajar IPS tentang peranan tokoh melalui model picture and picture pada siswa kelas V SDN Karangrejo 03 Kabupaten Blitar / Yuana Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratiwi Yuana. 2017. PeningkatanHasilBelajar IPS tentangPerananTokohmelalui Model Picture and Picture padaSiswaKelas V SDN Karangrejo 03 KabupatenBlitar.Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru SekolahDasar JurusanKependidikanDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tri Murti S.Pd. M.Pd. (II) Suminah S.Pd. M.Pd. Kata kunci model picture and picture ips hasilbelajar Hasilobservasiawal yang telahdilaksanakanpadahariRabu 16 November 2016 di SDN Karangrejo 03 KecamatanGarum KabupatenBlitarpadapembelajar-an IPS diketahuibahwa(1) guru menyampaikanmaterimelaluiceramahdanpenugasan (2)guru tidakmenggunakan media pembelajaran (3)siswapasifdanramai (4)ter-dapatsiswa yang menggambarketikapenyampaianmateri (5)hasilbelajarsiswatergolongkurangdenganketuntasansebesar 26%. Penelitianinibertujuanuntuk (1) memaparkanpenerapan model Picture and Picture padapembelajaran IPS (2) memaparkanpeningkatanhasilbelajar IPS melalui model Picture and Picture. Pendekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatif. denganjenisPenelitianTindakanKelas. Penelitiandilaksanakanduasiklus dengansetiapsiklusterdiridaritahapperencanaan pelaksanaan pengamatan danrefleksi.Teknikpengumpulan data meliputiobservasi tes dokumentasi dancatatanlapangan.Teknikanalisis data adalahteknikanalisis data kualitatifmeliputireduksi data pe-nyajian data danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitas guru dalampenerapan model Picture and Picture padapenyajian video sudahbaik.Gurudapatmemperbaikipem-berianmotivasisehinggasiswaberanimenyampaikanpendapat.Persentaseaktivitas guru siklus I sebesar 100% dansiklus II mencapai100% dengankriteriasangatbaik. Aktivitassiswamengalamipeningkatandimulaidarisiklus I pertemuan I sebesar64% pertemuan 2 meningkatsebesar 5% menjadi 69% dengankriteriakurangdanmengalamipeningkatanpadasiklus II pertemuan 1 sebesar 13% menjadi82% danpertemuan 2 meningkatsebesar5% menjadi 87% dengankriteriabaik.Hasilbelajarsiswapadasiklus I pertemuan 1 memperolehnilai rata-rata sebesar 67 danpertemu-an 2 sebesar 79. Hasilbelajarmeningkatpadasiklus II pertemuan 1 sebesar 81 danpertemuan 2 sebesar 87.Denganpeningkatantersebut ketuntasanklasikalpadasetiapsiklusjugamengalamipeningkatanmulaidarisiklus I pertemuan 1 sebesar 26%danpertemuan 2 meningkat 58% menjadi 84% padasiklus II pertemuan 1 menjadi se-besar 95% danmeningkatpadapertemuan 2 sebesar 5% menjadi 100%. Kesimpulan aktivitas guru siklus I dan II sebesar 100%.Aktivitas siswapadasiklus I sebesar 64% dan 69% meningkatpadasiklus II sebesar 82% dan 87%. Hasilbelajarmencapai 100%.Disarankan guru untukmenerapkan model Picture and Picture untukmeningkatkanaktivitassiswadanhasilbelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6492

Actions (login required)

View Item View Item