Model teoretis hubungan sikap orangtua terhadap anak, sikap guru terhadap siswa dan self-regulated learning dengan prestasi belajar siswa (studi faktor yang mempengaruhi pretasi belajar siswa SMAN di Kota Malang) / Yuzarion - Repositori Universitas Negeri Malang

Model teoretis hubungan sikap orangtua terhadap anak, sikap guru terhadap siswa dan self-regulated learning dengan prestasi belajar siswa (studi faktor yang mempengaruhi pretasi belajar siswa SMAN di Kota Malang) / Yuzarion

Yuzarion (2015) Model teoretis hubungan sikap orangtua terhadap anak, sikap guru terhadap siswa dan self-regulated learning dengan prestasi belajar siswa (studi faktor yang mempengaruhi pretasi belajar siswa SMAN di Kota Malang) / Yuzarion. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yuzarion 2014. Model Teoretis Hubungan Sikap Orangtua terhadap Anak Sikap Guru terhadap Siswa dan Self-Regulated Learning dengan Prestasi Belajar Siswa. Disertasi Program Studi Psikologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana M.A. (II) Dr. M. Ramli M.A. (III) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah M.Pd. Kata kunci sikap orangtua sikap guru self-regulated learning dan prestasi belajar 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan pokok apakah model teoretis hubungan sikap orangtua terhadap anak sikap guru terhadap siswa dan self-regulated learning dengan prestasi belajar siswa hubungan kausal ini mendapat dukungan empiris. Penelitian ini menggunakan desain korelasional eksplanatori. Sampel penelitian ini 285 siswa kelas XI SMAN Kota Malang diambil dengan teknik random sampling independen. Data dikumpulkan dengan tiga instrumen (1) skala sikap orangtua terhadap anak (2) skala sikap guru terhadap siswa dan (3) skala self-regulated learning semua skala memiliki validitas isi interater berkisar 0 93-1 00 validitas konsistensi internal koefisien korelasi per butir-total 0 304-0 797 validitas konstruk eksploratori loading faktor butir 0 504-0 842 validitas konstruk konfimatori loading faktor 0 706-1 00 dan nilai reliabilitas Cronbach s Alpha dan Construct Reliability 0 861-0 998. Data prestasi belajar berdasarkan nilai rapor. Data dianalisis dengan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software AMOS 20. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menujukkan bahwa model struktural telah layak (GFI 0 930 AGFI 0 908 0 90 CFI 0 990 TLI 0 988 0 95 dan RMSEA 0 0290 05). Sikap orangtua terhadap anak sikap guru terhadap siswa dan self-regulated learning berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Sikap orangtua terhadap anak sikap guru terhadap siswa berpengaruh langsung terhadap self-regulated learning dan berpengaruh tidak langsung terhadap prestasi belajar siswa melalui self-regulated learning. Temuan ini mendukung teori kognitif sosial. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan temuan penelitian ini menyarankan (1) guru agar (a) bersikap kondusif peduli bertanggung jawab sensitif dan mendorong kreativitas siswa (b) menggali dan mengenalkan self-regulated learning dengan 6 faktor pembentuknya dan melakukan pelatihan self-regulated learning (c) melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) berkaitan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar (2) orangtua agar (a) berpandangan positif terhadaap anak (b) berdiskusi dan menggali potensi diri anak terutama yang berkaitan dengan self-regulated learning dan (3) peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian tentang variabel pada penelitian ini di tingkat SD SLTP dan PT.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64919

Actions (login required)

View Item View Item