Pengaruh behavior modeling training terhadap caring guru sekolah dasar / Akhtim Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh behavior modeling training terhadap caring guru sekolah dasar / Akhtim Wahyuni

Wahyuni, Akhtim (2014) Pengaruh behavior modeling training terhadap caring guru sekolah dasar / Akhtim Wahyuni. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Caring merupakan hal yang sangat mendasar dalam mensukseskan pendidikan. Guru yang percaya pada kemampuan siswanya maka dia akan menunjukkan bahwa dia care dengan menempatkan siswa sebagai pusat dalam proses pembelajaran dan guru mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Fakta yang terjadi pada pembelajaran di SD sikap guru pada siswa masih belum menunjukkan sikap yang mampu membangun kedekatan verbal maupun non verbal. Guru masih terjebak pada target materi pelajaran yang harus diselesaikan pada setiap semester ujung-ujungnya pada nilai akademik siswa padahal caring memegang kunci penting untuk menjadikan anak sukses nilai akademik dan sosialnya. Untuk mengatasi problem caring guru SD behavior modeling training merupakan pendekatan yang efektif dalam meningkatkan caring guru karena model ini memiliki tuntunan yang jelas dalam merubah perilaku. Ada lima tahap dalam menerapkan BMT yaitu 1) Modeling 2) Retention Process 3) Behavioral Rehearsal 4) Feedback dan 5) Transfer of Training. Apakah ada pengaruh behavior modeling training terhadap caring guru SD menjadi konsentrasi yang perlu dijawab dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan caring guru yang diberi pelatihan BMT dan guru yang tidak diberi pelatihan BMT. Penelitian ini termasuk penelitian true experiment dengan desain pretest-postest design with control group. Subjek penelitian ini guru SD kelas awal (1-3) pada KKG gugus 06 di Sidoarjo berjumlah 54 orang yang terbagi dalam 2 kelas 27 guru di kelas kontrol dan 27 guru di kelas eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan secara acak. Data yang dikumpulkan diolah secara statistik dengan menggunakan teknik analisis ANOVA. Berdasarkan analisis data ditemukan hasil penelitian (1) penerapan BMT bagi guru SD berpengaruh terhadap caring guru (2) efektifitas penerapan BMT dapat dilihat dari hasil uji statistik ANOVA pada kelompok kontrol dan eksperimen. Secara serempak diketahui ada perbedaan signifikan caring guru yang dilatih dan yang tidak dilatih dengan BMT. Hasilnya (1) Kontribusi perlakuan BMT dalam meningkatkan caring guru adalah sangat kuat nilai pre test caring guru adalah 64 8 dan di periode post test menjadi 93 0. (2)Kontribusi perlakuan BMT dalam meningkatkan knowing adalah sangat kuat nilai pre test knowing adalah 36 67 dan di periode post test naik menjadi 53 48. (3) Ada pengaruh courage guru yang dilatih dan tidak dilatih. Kontribusi perlakuan BMT dalam meningkatkan courage adalah sangat kuat nilai pre test courage adalah 17 89 dan di periode post test menjadi 25 26. (4) Ada pengaruh signifikan antara patience guru yang dilatih dan yang tidak dilatih dengan BMT. Kontribusi perlakuan BMT dalam meningkatkan patience adalah sangat kuat nilai pre test patience adalah 10 22 dan di periode post test menjadi 14 22.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64918

Actions (login required)

View Item View Item