Keefektifan metode Picture Exchange Communication System (PECS) dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak autis / Fitri Sukmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan metode Picture Exchange Communication System (PECS) dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak autis / Fitri Sukmawati

Sukmawati, Fitri (2014) Keefektifan metode Picture Exchange Communication System (PECS) dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak autis / Fitri Sukmawati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitri Sukmawati. 2014. Keefektifan Metode Picture Exchange Communication System (PECS) dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Autis. Disertasi. Program Studi Psikologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Marthen Pali M.Psi. (II) Dr. Dany M. Handarini. MA (III) Dr. Imanuel Hitipeuw MA. Kata Kunci metode picture exchange communication system (PECS) kemampuan berbahasa anak autis. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode Picture Exchange Communication System (PECS) dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak autis. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan single subject design. Desain yang digunakan yaitu multiple baseline across behaviors. Subjek penelitian 3 orang anak autis taman kanak-kanak sekolah kebutuhan khusus di Pontianak. Pemberian intervensi dengan metode PECS berupa sub tema kebutuhan makan dan minum subjek 1 (JN) kebutuhan sekolah subjek 2 (AM) dan bagian anggota tubuh subjek 3 (RF). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah adalah format pencatatan kemampuan berbahasa alat identifikasi Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder (DSM IV) dan International Classification of Diseases (ICD-10). Analisis data menggunakan analisis visual dengan memperhatikan perubahan level dan trend. Analisi visual dilakukan terhadap data yang diperoleh melalui format pencatatan kemampuan berbahasa. Analisis data visual dilakukan secara individual dan kelompok. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan perilaku menunjuk menyebutkan dan mengatakan terjadi dari sesi baseline ke sesi intervensi. Perubahan level yang terjadi antar kondisi menunjukkan peningkatan yang diikuti dengan trend yang mengalami peningkatan yang tajam. Perilaku subjek 1 (JN) 2 (AM) dan 3 (RF) pada kemampuan menunjuk dan menyebutkan mengalami peningkatan dari kategori rendah menjadi kategori tinggi. Kemampuan untuk mengatakan mengalami peningkatan dari kategori rendah menjadi kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode PECS efektif meningkatkan perilaku menunjuk menyebutkan dan mengatakan sebagai bagian dari kemampuan berbahasa anak autis di taman kanak-kanak sekolah kebutuhan khusus di Pontianak. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode PECS efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak autis pada perilaku menunjuk apa yang diperintahkan menyebutkan apa yang ditanyakan serta mengatakan apa yang diinginkannya. Jadi dalam penelitian ini apabila penerapan metode PECS terus dilakukan maka semakin dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kemampuan berbahasa pada anak autis.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64916

Actions (login required)

View Item View Item