Zaduqisti, Esti (2013) Efektivitas arahan dan umpan balik dalam menulis jurnal belajar untuk meningkatkan regulasi diri dalam belajar bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi'iyah Proto 01 Kedungwuni Pekalongan Jawa Tengah / Esti Zaduqisti. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Esti Zaduqisti 2013. Efektivitas Arahan dan Umpan Balik dalam Menulis Jurnal Belajar untuk Meningkatkan Regulasi Diri dalam Belajar Bahasa Indonesia pada Peserta Didik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi iyah Proto 01 Kedungwuni Pekalongan Jawa Tengah. Disertasi Program Studi Psikologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Marthen Pali M.Psi. (II) Prof. Dr. I Wayan Ardhana MA. (III) Dr. H. Triyono M.Pd. Kata Kunci Regulasi diri dalam belajar menulis jurnal belajar arahan dan umpan balik. Regulasi diri dalam belajar (self-regulated learning) belum bisa dilakukan secara optimal oleh banyak pelajar. Salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi adalah memperbaiki metode pembelajaran di sekolah. Penelitian terdahulu telah menguji sebuah metode pembelajaran writing learning journal dalam meningkatkan self-regulated learning. Berbeda dengan sebelumnya penelitian ini mengkombinasikan arahan dengan umpan balik dalam menerapkan metode menulis jurnal belajar (writing learning journal) untuk meningkatkan regulasi diri dalam belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan regulasi diri dalam belajar antara (1) peserta didik yang memperoleh arahan spesifik dan peserta didik yang memperoleh arahan umum (2) peserta didik yang memperoleh umpan balik dialog dan peserta didik yang memperoleh umpan balik tertulis (3) peserta didik yang memperoleh arahan spesifik dan umpan balik dialog dan peserta didik yang memperoleh arahan umum dan umpan balik dialog (4) peserta didik yang memperoleh arahan spesifik dan umpan balik tertulis dan peserta didik yang memperoleh arahan umum dan umpan balik tertulis (5) peserta didik yang memperoleh arahan spesifik dan umpan balik dialog dan peserta didik yang memperoleh arahan spesifik dan umpan balik tertulis (6) peserta didik yang memperoleh arahan umum dan umpan balik dialog dan peserta didik yang memperoleh arahan umum dan umpan balik tertulis. Penelitian menggunakan rancangan quasy-experiment dengan design the posttest-only design with nonequivalent control group. Subjek penelitian ini adalah 34 peserta didik kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi iyah (MISS) Proto 01 Kedungwuni Pekalongan Jawa tengah yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama (16 peserta didik) menerima perlakuan berupa pemberian arahan umum sedang kelompok kedua (17 peserta didik) menerima perlakuan berupa pemberian arahan spesifik. Kedua kelompok juga menerima perlakuan dua jenis umpan balik namun dalam waktu yang berbeda. Perlakuan yang dilakukan kepada subjek ada empat perlakuan (1) arahan umum dan umpan balik tertulis (2) arahan umum dan umpan balik dialog (3) arahan spesifik dan umpan balik tertulis dan (4) arahan spesifik dan umpan balik dialog. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis Two-Factor Analysis of Variance for a Mixed Design dan uji beda (t) dengan menggunakan program SPSS release 16.0 for windows. Hasil penelitian ini adalah (1) peserta didik yang memperoleh arahan spesifik terbukti signifikan memiliki regulasi diri dalam belajar lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh arahan umum (2) peserta didik yang memperoleh umpan balik dialog terbukti tidak signifikan memiliki regulasi diri dalam belajar lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh umpan balik tertulis (3) peserta didik yang memperoleh arahan spesifik dan umpan balik dialog terbukti signifikan memiliki regulasi diri dalam belajar lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh arahan umum dan umpan balik dialog (4) peserta didik yang memperoleh arahan spesifik dan umpan balik tertulis terbukti signifikan memiliki regulasi diri dalam belajar lebih tinggi dariapada peserta didik yang memperoleh arahan umum dan umpan balik tertulis (5) peserta didik yang memperoleh arahan spesifik dan umpan balik dialog terbukti tidak signifikan memiliki regulasi diri dalam belajar lebih tinggi dibanding peserta didik yang memperoleh arahan spesifik dan umpan balik tertulis (6) peserta didik yang memperoleh arahan umum dan umpan balik dialog terbukti tidak signifikan memiliki regulasi diri dalam belajar lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh arahan umum dan umpan balik tertulis. Saran teoritis saran yang disumbangkan oleh penelitian ini bagi psikologi pendidikan antara lain (1) regulasi diri dalam belajar peserta didik dapat dipelajari lebih spesifik sesuai dengan karakteristik subjek penelitian dan (2) menulis jurnal belajar merupakan sebuah metode yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran dengan menggunakan gabungan antara arahan yang spesifik dan umpan balik dialog. Secara praktis saran yang disumbangkan antara lain (1) kepada guru dan praktisi pendidikan agar lebih memiliki kesiapan yang memadai dalam rangka mengaplikasikan metode menulis jurnal dan (2) bagi pemerintah agar bisa mendukung temuan hasil penelitian ini terutama terkait dengan pemberian metode menulis jurnal belajar dalam rangka meningkatkan kemampuan regulasi diri dalam belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Dec 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64915 |
Actions (login required)
View Item |