Pengaruh strategi pembelajaran (ekspositori, pengajuan masalah, dan pemecahan masalah) dan kemampuan awal terhadap hasil belajar kalkulus dan keterampilan berpikir kreatif pada mahasiswa pendidikan matematika / Rita Yuliastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran (ekspositori, pengajuan masalah, dan pemecahan masalah) dan kemampuan awal terhadap hasil belajar kalkulus dan keterampilan berpikir kreatif pada mahasiswa pendidikan matematika / Rita Yuliastuti

Yuliastuti, Rita (2013) Pengaruh strategi pembelajaran (ekspositori, pengajuan masalah, dan pemecahan masalah) dan kemampuan awal terhadap hasil belajar kalkulus dan keterampilan berpikir kreatif pada mahasiswa pendidikan matematika / Rita Yuliastuti. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci ekspositori pengajuan masalah pemecahan masalah kemampuan awal hasil belajar kalkulus berpikir kreatif. Penelitian ini dilatarbelakangi penurunan kualitas proses dan hasil belajar kalkulus dan keterampilan berpikir kreatif. Kegiatan pembelajaran belum sepenuhnya diarahkan untuk memahami konsep-konsep kalkulus dan dapat secara kreatif menerapkannya untuk menyelesaikan masalah-masalahterkait. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel bebas strategi pembelajaran (ekspositori pengajuan masalah dan pemecahan masalah) dan kemampuan awal (tinggi dan rendah) terhadap variabel terikat hasil belajar kalkulus dan keterampilan berpikir kreatif dan untuk menguji pengaruh interaksi variabel bebas strategi pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap variabel terikat hasil belajar kalkulus dan keterampilan berpikir kreatif bagi mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperiment faktorial 2x3 yang dilakukan di Unirow Tuban pada semester 2 tahun akademik 2011/2012. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika Unirow Tuban yang mengikuti kuliah Kalkulus II terdiri dari 38 mahasiswa kelas B dibelajarkan dengan strategi pembelajaran pengajuan masalah 36 mahasiswa kelas C dibelajarkan dengan strategi pembelajaran pemecahan masalah dan 35 mahasiswa kelas E dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Untuk keperluan analisis data dipilih 20 mahasiswa pada setiap kelas yang terdiri dari 10 mahasiswa berkemampuan awal rendah dan 10 mahasiswa berkemampuan awal tinggi. Sehingga total subjek sebanyak 60 mahasiswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh yang signifikanstrategi pembelajaran (ekspositori pengajuan masalah dan pemecahan masalah) terhadap hasil belajar kalkulus rata-rata hasil belajar kalkulus adalah (72 65 69 4 dan 78 5) 2)ada pengaruh yang signifikan kemampuan awalmahasiswa terhadap hasil belajar kalkulus rata-rata skor hasil belajar kalkulus mahasiswa berkemampuan awal rendah dan tinggi adalah (68 467dan 78 567) 3) ada pengaruh interaksi yang signifikan antarastrategi pembelajaran(ekspositori pengajuan masalah dan pemecahan masalah)dan kemampuan awal terhadap hasil belajar kalkulus rata-rata skor hasil belajar kalkulus mahasiswa berkemampuan awal rendah (72 300 57 500 76 800) yang berkemampuan awal tinggi (73 0 81 300 75 600) 4)ada pengaruh yang signifikanstrategi pembelajaran (ekspositori pengajuan masalah dan pemecahan masalah) terhadap keterampilan berpikir kreatif rata-rata skorketerampilan berpikir kreatif(24 45 24 45 28 75) 5) adapengaruh yang signifikan kemampuan awalmahasiswa terhadap keterampilan berpikir kreatif rata-rata skorketerampilan berpikir kreatif (24 45 24 45 28 75) 6) ada pengaruh interaksi yang signifikan strategi pembelajaran (ekspositori pengajuan masalah dan pemecahan masalah) dan kemampuan awal terhadap keterampilan berpikir kreatif rata-rata keterampilan berpikir kreatif mahasiswa berkemampuan awal rendah (23 400 18 700 27 100). Sedangkan mahasiswa berkemampuan awal tinggi (25 500 30 200 30 400). Berdasarkan temuan penelitian disarankan sebagai berikut1) jika tujuan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar kalkulus dan keterampilan berpikir kreatif disarankan untuk menggunakan strategi pembelajaran pemecahan masalah 2)dalam pelaksanaan pembelajaran hendaknya memperhatikan tingkat kemampuan awal peserta didik dalam memilih strategi pembelajaran 3) agar pembelajaran efektif maka sebelum pembelajaran sebaiknya dipersiapkan skenario pembelajaran danperangkat pembelajaran 4) perlu dilakukan penelitan lanjutan di tiap jenjang pendidikan dengan menyertakan variabel lain yang relevan misalnya kemampuan berpikir kritis motivasi berprestasi sikap kreatif tugas rumah dan nilai karakter bangsa. Tidak hanya pada aspek kognitif saja tetapi dapat dikembangkan pada aspek afektif dan psikomotorik. 8195

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64914

Actions (login required)

View Item View Item