Irtadji, Moh. (2012) Tindak pembelajaran guru yang menumbuhkembangkan kreativitas siswa sekolah dasar / Moh. Irtadji. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Disertasi Program Studi Psikologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Promotor (I) Prof. Dr. Marthen Pali M. Psi. (II) Dr. Triyono M. Pd. (III) Dr. Dany M. Handarini M.A. Kata kunci tindak pembelajaran guru kreativitas siswa sekolah dasar. Penelitian di kelas Ia SDN Dino-Dino ini memiliki fokus pokok bagaimana tindak pembelajaran guru yang menumbuhkembangkan kreativitas siswa. Fokus penelitian dijabarkan menjadi (1) bagaimana bentuk-bentuk tindak pembelajaran guru yang menumbuhkembangkan kreativitas siswa (2) apa alasan yang melatarbelakangi tindak pembelajaran guru yang menumbuhkembangkan kreativitas siswa dan (3) hal-hal apa saja yang dirasakan guru menjadi penunjang dan kendala dalam melaksanakan tindak pembelajaran yang menumbuhkembangkan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif basic or generic. Data penelitian berupa hasil pengamatan tindak pembelajaran guru hasil wawancara dengan guru dan informan lain yang relevan serta hasil studi dokumentasi. Instrumen utama penelitian untuk pengumpulan dan analisis data adalah peneliti sendiri. Temuan penelitian berkenaan dengan fokus penelitian ialah sebagai berikut. Fokus satu tindak pembelajaran guru yang menumbuhkembangkan kreativitas siswa beraneka ragam mencakup tindakan menyampaikan dan mengelola pembelajaran yang bermuatan penciptaan kondisi keamanan dan kebebasan psikologis. Tindakan menonjol yang sering dilakukan guru ialah memberi pertanyaan terbuka maupun pertanyaan tertutup pada siswa. Kreativitas siswa yang terkait tindak pembelajaran guru ialah aspek-aspek kemampuan memikirkan banyak gagasan kemampuan memikirkan gagasan orisinal kemampuan memikirkan gagasan secara rinci kepercayaan terhadap kemampuan diri kemauan mengatasi hambatan rasa estetika rasa humor spontanitas inisiatif dan kemampuan membuat atau menghasilkan sesuatu yang baru. Fokus dua alasan-alasan yang melatarbelakangi guru dalam melakukan tindak pembelajaran yang menumbuhkembangkan kreativitas siswa adalah berdasarkan pertimbangan diri guru sendiri agar dapat melaksanakan pembelajaran sesuai kondisi dirinya dan karakteristik siswa serta atas pertimbangan agar siswa dapat mempelajari materi pelajaran sesuai tujuan pembelajaran dan agar mereka dapat mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya. Fokus tiga penunjang dan kendala yang dirasakan guru dalam melakukan tindak pembelajaran yang menumbuhkembangkan kreativitas siswa adalah sebagai berikut. Hal-hal yang dirasakan guru mendukung pembelajaran adalah faktor guru seperti guru senang mengajar faktor siswa seperti siswa yang berani aktif dan kritis sarana dan prasarana sekolah yang memadai kepala sekolah yang memberi kebebasan pada guru untuk berimprovisasi dan berkreasi di kelas wali siswa yang sangat mendukung kelancaran pembelajaran dana sekolah untuk mengganti biaya foto kopi soal dan lembar kerja yang dibuat guru dan adanya tuntutan berbagai fihak seperti pemerintah kepala sekolah dan wali siswa agar guru melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan (PAKEM). Adapun hal-hal yang dirasakan guru menghambat pembelajaran adalah faktor guru misalnya guru kurang berpengalaman mengajar bidang studi tertentu siswa di kelas yang terlalu banyak sarana dan prasarana yang kurang memadai untuk pembelajaran bidang studi tertentu kepala sekolah yang terlalu banyak memberi tugas kepada guru di luar tugas mengajar wali siswa yang terlalu mencampuri tugas guru waktu yang tersedia tidak cukup agar semua siswa dapat melakukan aktivitas yang merata dana sekolah yang terbatas untuk melakukan pembelajaran yang memberi siswa pengalaman langsung dan adanya anggapan bahwa bidang studi tertentu tidak penting. Saran yang dikemukakan berdasarkan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama saran dalam konteks pendidikan prajabatan guru. (a) Wawasan kependidikan guru perlu terus diberikan kepada mahasiswa calon guru karena materi ini akan menjadi sangat penting bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru yang memiliki wawasan kependidikan mantap mampu menghayati tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru dalam menggelar pembelajaran yang mendidik. (b) Sudah saatnya mahasiswa calon guru diberi pemahaman yang memadai tentang kreativitas karena hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru yang lumayan memahami kreativitas mampu melakukan tindak pembelajaran yang menumbuhkembangkan kreativitas siswa. (c) Pelatihan keterampilan menggunakan teknik penumbuhkembangan kreativitas perlu diberikan kepada mahasiswa calon guru karena hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru mampu melakukan tindak pembelajaran yang menumbuhkembangkan kreativitas siswa. Kedua adalah saran pembinaan guru dalam jabatan. (a) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dinas Pendidikan Provinsi Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten dan kepala sekolah perlu mengagendakan peningkatan pemahaman dan kecakapan guru dalam menumbuhkembangkan kreativitas siswa. (b) Sistem mentor guru senior terhadap guru yunior perlu dilakukan di sekolah terutama terhadap guru yang baru bertugas. (c) Peningkatan pemahaman dan kecakapan guru dalam menumbuhkembangkan kreativitas siswa perlu ditekankan dalam pelatihan penggunaan pendekatan pembelajaran PAKEM terutama teknik bertanya dan memberikan tugas beserta sikap dasar memberikan rasa aman dan kebebasan yang harus dikembangkan dalam diri guru agar mudah menumbuhkembangkan kreativitas siswa. Ketiga saran kepada para ahli psikologi pendidikan. (a) Para ahli psikologi pendidikan diharapkan menguji lebih lanjut kebenaran proposisi dan model konseptual yang ditemukan dalam penelitian ini. (b) Para ahli psikologi pendidikan juga diharapkan menyusun paket-paket pelatihan untuk meningkatkan keterampilan guru menumbuhkembangkan kreativitas siswa kelas satu SD mulai dari keterampilan bertanya sampai dengan keterampilan yang lebih rumit.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Dec 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64912 |
Actions (login required)
View Item |