Peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung melalui metode drill pada siswa kelas II SDN Bagelenan 02 Kabupaten Blitar / Arganis Ratna Furi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung melalui metode drill pada siswa kelas II SDN Bagelenan 02 Kabupaten Blitar / Arganis Ratna Furi

Furi, Arganis Ratna (2017) Peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung melalui metode drill pada siswa kelas II SDN Bagelenan 02 Kabupaten Blitar / Arganis Ratna Furi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Furi Arganis Ratna. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Metode Drill pada Siswa Kelas II SDN Bagelenan 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Suhel Madyono S.Pd M.Pd (2) Dra. Sutansi M.Pd. Kata kunci peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung metode drill Hasil observasi pada siswa kelas II SDN Bagelenan 02 Kabupaten Blitar pada pembelajaran Bahasa Indonesia menunjukkan bahwa (1) kegiatan pembelajaran menulis tegak bersambung menggunakan metode ceramah dan penugasan (2) guru hanya sedikit memberi penjelasan dan latihan menulis (3) kurangnya minat dan antusiasme siswa dalam menulis tegak bersambung (4) banyak tulisan tegak bersambung siswa yang tidak jelas dan kurang rapi sehingga sulit terbaca dan (5) hasil keterampilan menulis tegak bersambung siswa dengan nilai rata-rata di bawah KKM dan hanya 32% siswa tuntas. Alternatif yang dipilih untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan metode drill. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung melalui metode drill. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode drill dilaksanakan oleh guru dan siswa dengan sangat baik. Aktivitas guru pada siklus I mencapai 83 5% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 100% (sangat baik). Aktivitas siswa saat pembelajaran pada siklus I adalah 65% (kurang) dan siklus II memperoleh 87 5% (baik). Aktivitas siswa saat kegiatan menulis siklus I adalah 71 5% (cukup) dan pada siklus II sebesar 89 5% (baik). Hasil penelitian terhadap hasil keterampilan menulis tegak bersambung siswa persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 71% (cukup) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86 75% (baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis tegak bersambung melalui metode drill telah dilaksanakan dengan sangat baik oleh guru dan siswa sehingga berdampak pada meningkatnya keterampilan menulis siswa kelas II SDN Bagelenan 02 Kabupaten Blitar dan dapat mencapai KBK yang ditentukan. Dengan demikian diharapkan guru menerapkan metode drill untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6491

Actions (login required)

View Item View Item