Pengaruh pendekatan kontekstual dalam proses belajar mengajar matematika terhadap sikap, motivasi, dan hasil belajar siswa SMP / Sri Mulyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan kontekstual dalam proses belajar mengajar matematika terhadap sikap, motivasi, dan hasil belajar siswa SMP / Sri Mulyati

Mulyati, Sri (2010) Pengaruh pendekatan kontekstual dalam proses belajar mengajar matematika terhadap sikap, motivasi, dan hasil belajar siswa SMP / Sri Mulyati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mulyati Sri. 2008. Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Proses Belajar Mengajar Matematika Terhadap Sikap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP. Disertasi Program Studi Psikologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr.T. Raka Joni M.Sc (II) Dr. Dany M Handarini M.A. (III) Prof. H. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D Kata Kunci pendekatan kontekstual sikap motivasi hasil belajar Dewasa ini hasil belajar matematika siswa di sekolah-sekolah di Indonesia belum memuaskan bahkan memprihatinkan. Kemampuan berpikir dan kemampuan memecahkan masalah kurang diperhatikan. Padahal aplikasi matematika sudah menjangkau berbagai bidang sehingga patut diduga jika penguasaan matematika siswa kurang baik maka siswa akan mengalami kesulitan di bidang lain yang memerlukan penguasaan matema-tika. Tetapi kenyataannya tidak semua siswa menyukai matematika siswa merasa matematika sangat sulit dan tidak menyenangkan. Di samping itu masih banyak guru SMP mengajarkan matematika dengan menyajikan sederetan langkah yang harus dihafal siswa sehingga pemahaman konsep-konsep matematika terabaikan. Pembelajaran kontekstual mempresentasi-kan suatu konsep dengan mengaitkan materi pembelajaran dengan konteks di mana materi itu digunakan. Siswa secara aktif mengkonstruksi dan merekonstruksi sendiri pengetahuan mereka berarti siswa akan memper-oleh situasi belajar terbaik sehingga dapat menumbuhkan sikap positif terhadap matematika dan dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan sikap terhadap matematika (2) perbedaan motivasi belajar matematika dan (3) perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembela-jaraan kontekstual dan yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Disign. Subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang yang diambil dua kelas dari empat kelas yang ada dengan kemampuan seimbang berdasar hasil pre tes. Dari dua kelas dipilih secara acak satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan inventory sikap terhadap matematika inventory motivasi belajar matematika dan tes hasil belajar matematika. Inventory sikap terhadap matematika terdiri dari duapuluh butir pernyataan dengan koefisien reliabilitas alpha 0 8743. Inventory motivasi belajar matematika terdiri dari duapuluh butir pernyataan dengan koefisien reliabilitas alpha 0 8065. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan Multivariate Analysis of variance (MANOVA). Hasil analisis menunjukkan (1) ada perbedaan yang signifikan sikap terhadap matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual dan yang mengikuti pembelajaran konvensional (2) ada perbedaan motivasi belajar matematika yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual dan yang mengikuti pembelajaran konvensional pendekatan pembelajaran konvensional memberikan pengaruh yang lebih baik pada motivasi belajar matematika dibandingkan pembelajaran kontekstual (3) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual dan yang mengikuti pembelajaran konvensional pembelajaran kontekstual memberikan pengaruh yang lebih baik pada hasil belajar matematika dibandingkan dengan pembelajaraan konvensional. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pembelajaran matematik dengan pendekatan kontekstual mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika. Oleh karena itu pendekatan kontekstual di dalam pembelajaran matematika penting diterapkan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64905

Actions (login required)

View Item View Item