Andriani, Yanna Kharisma (2017) Peningkatan hasil belajar IPS materi uang melalui model mind mapping di kelas III SDN Ringinanyar 01 Kabupaten / Yanna Kharisma Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Andriani Yanna Kharisma. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Uang Melalui Model Mind Mapping di Kelas III SDN Ringinanyar 01 Kabupaten Blitar Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Suminah S.Pd M.Pd (2) Dra. Sri Murdiyah M.Pd Kata kunci peningkatan uang model mind mapping Hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di kelas III SDN Ringinanyar 01 Kabupaten Blitar pada pembelajaran IPS diketahui bahwa (1) siswa merasa bosan karena metode yang digunakan metode konvensional (2) guru tidak menggunakan media pembelajaran (3) kegiatan pembelajaran berpusat pada guru (4) selama pembelajaran siswa belajar secara klasikal (5) siswa dituntut untuk menghafalkan konsep-konsep. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah yaitu dari 18 siswa terdapat 13 siswa yang nilainya di bawah KKM dengan ketuntasan klasikal 33%. Penelitian ini bertujuan mendeskripsika model Mind Mapping pada materi uang di kelas III SDN Ringinanyar 01 Kabupaten Blitar dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada materi uang di kelas III SDN Ringinanyar 01 Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Dilaksanakan 2 siklus dengan masing-masing siklus 2 kali pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan pengamatan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualititif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dapat berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan yaitu aktivitas guru meningkat 7% dari 90% pada siklus I menjadi 97% pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat 13% dari 74% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa pada pratindakan hanya 6 dari 18 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 64 dan ketuntasan klasikal 27%. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat terbukti dari 18 siswa terdapat 12 siswa yang tuntas dan mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 8805 70 dengan nilai rata-rata kelas 74 dan ketuntasan klasikal 54%. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 16 dari 18 siswa dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata kelas 88 dan ketuntasan klasikal 80%. Pada siklus II terdapat 2 siswa yang belum tuntas karena 2 siswa tersebut memiliki keterlambatan dalam membaca menulis sehingga mempengaruhi dalam proses berfikir yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi uang pada siswa kelas III SDN Ringinanyar 01 Kabupaten Blitar. Berdasarkan hasil penelitian disarankan apabila guru ingin meningkatkan hasil belajar IPS dapat menerapkan model Mind Mapping.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6490 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |