Pengembangan perangkat pembelajaran kemampuan berpikir spasial dalam mata kuliah Sistem Informasi Geografis (SIG) / R. Muhammad Amin Sunarhadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran kemampuan berpikir spasial dalam mata kuliah Sistem Informasi Geografis (SIG) / R. Muhammad Amin Sunarhadi

Sunarhadi, R. Muhammad Amin (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran kemampuan berpikir spasial dalam mata kuliah Sistem Informasi Geografis (SIG) / R. Muhammad Amin Sunarhadi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Sunarhadi R.M.A. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kemampuan Berpikir Spasial dalam Mata Kuliah Sistem Informasi Geografis (SIG). Disertasi Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (II) Drs. I Komang Astina M.S. Ph.D. (III) Prof. Dr. Budijanto M.Sos. Kata Kunci Perangkat Pembelajaran Kemampuan Berpikir Spasial Sistem Informasi Geografis. Pembelajaran Geografi menempatkan kemampuan menyajikan dan menjelaskan data spasial sebagai cara belajar utamanya. Hasil pembelajaran Sistem Informasi Geografis (SIG) menunjukkan kelemahan kemampuan mahasiswa dalam berpikir spasial meskipun sudah mampu menyajikan peta dengan standar nasional SNI 6502. Tidak adanya materi modul dan media pembelajaran kemampuan berpikir spasial menyebabkan munculnya masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran kemampuan berpikir spasial. Tujuan tersebut dapat dirinci sebagai berikut 1) menyusun panduan mengajar untuk pembelajaran kemampuan berpikir spasial 2) mengembangkan media pembelajaran untuk penguatan kemampuan berpikir spasial 3) mengembangkan modul kemampuan berpikir spasial dan 4) menguji efektivitas penerapan perangkat pembelajaran kemampuan berpikir spasial. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model Dick Carey. Metode penelitian yang digunakan meliputi analisis kinerja kajian kebutuhan dan kajian instruksional. Pengembangan produk dilakukan dengan memperhatikan review oleh ahli dilanjutkan uji perorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif yang didukung data kualitatif dan uji beda antara kelompok kontrol dengan eksperimen. Produk pertama dari penelitian dan pengembangan ini adalah panduan mengajar yang terdiri dari 11 bagian dimana pada langkah mengajar terdiri atas pendahuluan aktivitas utama dan kesimpulan. Kajian produk panduan menganjar menghasilkan skor rata-rata 3 27 atau dikatgeorikan Layak Digunakan. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan berikutnya adalah media grafis kemampuan berpikir spasial. Hasil kajian media menghasilkan rata-rata skor adalah 3 63 atau dikategorikan Layak Digunakan. Modul pembelajaran kemampuan berpikir spasial disusun dalam 8 (delapan) bab yang memuat materi dan latihan. Hasil review menghasilkan skor rata-rata untuk modul pembelajaran adalah 3 33 atau dikategorikan Layak Digunakan. Hasil uji beda menunjukkan bahwa penerapan perangkat pembelajaran di kelas eksperimen menghasilkan kemampuan berpikir spasial mahasiswa yang berbeda nyata dibandingkan dengan kelas kontrol. Penelitian dan pengembangan ini menemukan bahwa penerapan kombinasi proses kognitif bottom up dan top down melalui perangkat pembelajaran menjadikan tercapainya penguasaan kemampuan berpikir spasial pada semua aspek. Perangkat pembelajaran ini dikembangkan dalam lingkup mata kuliah berbasis teori dan konsep sehingga perlu dikaji dalam kelas praktikum.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S3 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64898

Actions (login required)

View Item View Item