Pengembangan bahan ajar geografi SMA berorientasi berpikir kreatif / Sugeng Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar geografi SMA berorientasi berpikir kreatif / Sugeng Widodo

Widodo, Sugeng (2017) Pengembangan bahan ajar geografi SMA berorientasi berpikir kreatif / Sugeng Widodo. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widodo Sugeng . 2017. Pengembangan Bahan Ajar Geografi SMA Berorientasi Berfikir Kreatif. Pembimbing 1) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. 2) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. 3) Syamsul Bahri S.Si. M.Sc. Ph.D. Kata Kunci Bahan Ajar Model Dick dan Carey Berpikir Kreatif. Upaya untuk membelajarkan siswa dengan menggunakan bahan ajar agar berpikir kreatif selama ini belum berjalan secara optimal. Beberapa penyebabnya antara lain kurangnya latihan berpikir kretif serta dasar-dasar berpikir kreatif belum dikuasai baik pada jenjang dasar menengah dan di perguruan tinggi. Pentingnya siswa yang dapat berpikir kreatif antara lain mampu menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat serta mampu menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini antara lain menyusun bahan ajar geografi kelas X yang berorientasi pada siswa untuk berfikir kreatif yang dapat dijabarkan menjadi 1) menyusun bahan ajar geografi hasil pengembangan berorientasi berpikir kreatif yang valid 2) mengetahui keefektifan bahan ajar geografi hasil pengembangan pada kelompok kecil 3) mengetahui keefektifan bahan ajar geografi hasil pengembangan pada kelompok luas 4) menghasilkan produk bahan ajar geografi kelas X yang didesain untuk berpikir kreatif dengan model Dick dan Carrey Metode penelitian ini menggunakan tahapan dalam penelitian dan pengembangan model Dick dan Carey untuk menyusun bahan ajar geografi kelas X berorientasi berpikir kreatif. Dalam menentukan kelayakan bahan ajar dilakukan uji validasi oleh ahli bahasa Indonesia ahli materi dan ahli desain uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Analisa data yang digunakan yaitu statististik deskriptif yang dipersentasikan. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan penilaian dari ahli bahasa Indonesia ahli materi dan ahli desain bahwa bahan ajar geografi SMA hasil pengembangan efektif atau efisien digunakan dalam pembelajaran rerata nilai kelayakannya mencapai 83%. Pada uji coba kelompok kecil rata-rata nilai keefektifan 84% kriteria berpikir kreatif siswa 13 3% sangat baik 86 7% baik. Rerata nilai berpikir kreatif sebesar 74 3. Pada uji coba kelompok besar rata-rata nilai keefektifan 82 6% kriteria berpikir kreatif siswa 11% sangat baik 81 2% baik 7 7 cukup. Rerata nilai berpikir kreatif sebesar 73. Bahan ajar geografi SMA yang berorientasi berpikir kreatif dapat digunakan dalam pembelajaran geografi secara luas pada jenjang SMA/MA. Hal ini berdasarkan penilaian tim ahli uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar yang menyatakan efisien atau layak digunakan dalam pembelajaran.Bahan ajar ini belum mencakup model atau strategi pembelajaran yang tepat dalam berpikir kreatif oleh karena itu disarankan agar dikembangkan model atau strategi pembelajaran yang tepat untuk mendorong siswa berpikir kreatif misalnya model problem based learning atau PBL.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S3 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64894

Actions (login required)

View Item View Item