Pengembangan bahan ajar hidrologi model GAPETRA Program Studi Pendidikan Geografi / Armin Subhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar hidrologi model GAPETRA Program Studi Pendidikan Geografi / Armin Subhani

Subhani, Armin (2017) Pengembangan bahan ajar hidrologi model GAPETRA Program Studi Pendidikan Geografi / Armin Subhani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Subhani Armin. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Hidrologi Model GAPETRA Program Studi Pendidikan Geografi. Disertasi Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. (II) I Komang Astina M.S Ph.D. (III) Dr. Dwiyono Hari Utomo M.Pd M.Si. Kata Kunci Bahan Ajar Hidrologi Geografi. Bahan ajar idealnya berkualitas dan menunjukkan identitas keilmuan tertentu. Faktanya bahan ajar Hidrologi Universitas Hamzanwadi saat ini jauh dari ideal. Berdasarkan studi pendahuluan ditemukan fakta (1) identitasnya sebagai bagian dari geografi fisik tidak tampak (2) sajiannya belum diorganisir dengan baik. Alternatif yang ditawarkan untuk memperbaiki kondisi tersebut dengan menggunakan model buku Geografi Fisik yang ditulis oleh Gabler Peterson dan Trapasso (GAPETRA). Berdasarkan kajian teoritis komponen model ini sesuai dengan teori pembelajaran memunculkan sudut pandang geografi fisik dan penyajiannya teroganisir dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar Hidrologi model GAPETRA yang valid. Metode pengembangannya mengikuti prosedur Dick Carey yang terdiri dari sembilan langkah dan dibagi empat tahap (1) perancangan (2) penyusunan (3) uji Coba dan (4) revisi produk. Data yang dikumpulkan terdiri dari data uji validasi dan uji coba lapangan. Validasi melibatkan ahli teknologi pembelajaran ahli materi Hidrologi dan ahli bahasa. Uji coba lapang terbatas melibatkan I kelas yang terdiri dari 10 orang mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan validasi kelayakan penyajian dari ahli teknologi pembelajaran dikategorikan baik dengan skor 3 43. Berdasarkan tabel keputusan nilai tersebut menunjukkan bahan ajar hasil pengembangan sudah layak tetapi perlu direvisi. Validasi kelayakan isi/materi diperoleh skor 3 62 dinilai baik berdasarkan tabel keputusan nilai tersebut menunjukkan bahan ajar hasil pengembangan sudah layak tapi perlu direvisi juga. Validasi kelayakan bahasa dari ahli bahasa diperoleh skor 4 3 skor tersebut dinilai sangat baik berdasarkan tabel keputusan bahan ajar tidak perlu direvisi dari segi bahasa. Kemudian dari hasil uji coba lapangan diperoleh skor 4 62 kategori sangat baik dan menurut tabel keputusan bahan ajar tidak perlu direvisi layak digunakan dari sisi kemudahan memahami kemenarikan dan keterbacaan. Berdasarkan hasil penelitian bahan ajar hasil pengembangan valid dan layak untuk digunakan. Guna pemanfaatan lebih luas perlu dilakukan uji lapangan di jurusan pendidikan geografi lain dalam jangka waktu yang relatif lama.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S3 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64893

Actions (login required)

View Item View Item