Pengembangan bahan ajar geografi SMA kelas XI model Cambridge IGCSE / Wiwik Sri Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar geografi SMA kelas XI model Cambridge IGCSE / Wiwik Sri Utami

Sri, Utami Wiwik (2016) Pengembangan bahan ajar geografi SMA kelas XI model Cambridge IGCSE / Wiwik Sri Utami. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wiwik Sri Utami 2016 Pengembangan Bahan Ajar Geografi Kelas XI Model Cambridge IGCSE. Disertasi Program Studi Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (II) Dr. I Nyoman Ruja SU (III) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. Kata Kunci bahan ajar model Cambridge IGCSE pengalaman belajar kompetensi belajar peserta didik Perubahan kurikulum dari kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) menjadi kurikulum 2013 membawa perubahan pada empat aspek perubahan antara lain perubahan standar kompetensi peserta didik standar isi standar proses dan standar penilaian. Perubahan menuntut pencapaian kompetensi belajar peserta didik tidak hanya pada aspek pengetahuan tetapi juga menekankan pada pencapaian keterampilan dan sikap peserta didik. Konsekuensi lain dengan perubahan kurikulum adalah pada penggunaan bahan ajar yang dapat membantu peserta didik untuk mencapai kompetensi belajar. Bahan ajar model Cambridge IGCSE mampu membantu peserta didik untuk belajar mandiri belajar aktif dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna yang bermuara pada pencapaian kompetensi belajar peserta didik. Tujuan penelitian dan pengambangan ini antara lain 1) menyusun bahan ajar Geografi SMA Kelas XI yang menekankan pada pencapaian kompetensi belajar Geografi dengan model Cambridge IGCSE 2) menguji efektivitas bahan ajar Geografi SMA Kelas XI model Cambridge IGCSE. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dalam bidang pendidikan yang fokus pada pengembangan bahan ajar Geografi SMA Kelas XI dengan model Cambridge IGCSE. Dalam pengembangan bahan ajar tersebut digunakan model pengembangan Dick Carey. Bahan ajar diuji kelayakan isi penyajian kebahasaan dan kegrafikan. Uji kelayakan dilakukan oleh 3 orang tenaga ahli dan 5 orang guru pengajar mata pelajaran Geografi. Teknik analisis menggunakan N-gain score. Hasil penelaahan ahli materi pembelajaran Geografi desain pembelajaran dan ahli bahasa menyatakan bahwa bahan ajar dengan model Cambridge IGCSE sangat layak untk digunakan dalam pembelajaran geografi. Selain itu bahan ajar juga memiliki efektivitas dalam pembelajaran. Hal ini dilihat dari tingkat keterbacaan yang tinggi sebagai buku teks dan respon yang baik dari peserta didik dalam belajar dengan bahan ajar dengan model Cambridge IGCSE. Sikap dan partisipasi peserta didik dalam belajar juga baik. Dari hasil tes menunjukkan bahwa N-gain score sebesar 0 61 yang berarti peran bahan ajar dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik dalam kategori sedang. Dari uji lapangan menunjukkan bahwa keterampilan geografi sangat baik dengan rata-rata 75. Buku siswa yang dikembangkan dengan model Cambridge IGCSE dapat digunakan secara luas untuk pembelajaran Geografi di SMA/MA. Hal ini mengacu pada respon peserta didik yang positif dalam menggunakan buku siswa saat pembelajaran. Peserta didik juga memperoleh pengalaman belajar yang bermuara pada pencapaian kompetensi belajar Geografi. Buku siswa dapat digunakan dalam pembelajaran oleh seluruh peserta didik kelas XI SMA/MA.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S3 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64890

Actions (login required)

View Item View Item