Peningkatan hasil belajar IPS materi peristiwa sekitar Proklamasi melalui metode simulasi pada siswa kelas V SDN Plosokerep 1 KOta Blitar / Anis Sri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS materi peristiwa sekitar Proklamasi melalui metode simulasi pada siswa kelas V SDN Plosokerep 1 KOta Blitar / Anis Sri Wulandari

Wulandari, Anis Sri (2017) Peningkatan hasil belajar IPS materi peristiwa sekitar Proklamasi melalui metode simulasi pada siswa kelas V SDN Plosokerep 1 KOta Blitar / Anis Sri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Anis Sri. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi melalui Metode Simulasi pada Siswa Kelas V SDN Plosokerep 1 Kota Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Suwarti S.Pd. M.Pd (2) Drs. H. Suhel Madyono S.Pd M.Pd Kata kunci hasil belajar ips metode simulasi Observasi yang telah dilakukan pada pembelajaran IPS dengan materi peristiwa sekitar proklamasi di kelas V SDN Plosokerep 1 kota Blitar dengan jumlah 15 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan diketahui 1) Siswa memperhatikan penjelasan dari guru 2) Siswa hanya mendengarkan guru menjelaskan didepan kelas 3) guru kurang jelas saat memberikan tugas 4) aktivitas guru lebih aktif dibandingkan dengan siswa 5) suasana belajar yang kurang menyenangkan atau membosankan 6) guru tidak melakukaan aktivitas pembelajaran dikelas secara kelompok. Sedangkan hasil wawancara yang dilakukan kepada guru kelas menunjukan bahwa guru sering menggunakan metode pembelajaran ceramah dan pemberian tugas. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Dari 15 siswa hanya 3 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM (20%) dan sisanya 13 (80%) siswa tidak lulus KKM yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode simulasi dan meningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi peristiwa sekitar proklamasi pada kelas V SDN Plosokerep 1 kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Plosokerep 1 kota Blitar. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data diawali dengan mengumpulkan data reduksi data menyajikan data kemudian menarik kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi dapat dikatakan berhasil. Aktifitas siswa pada siklus I mencapai 64 6% pada siklus II mengalami peningkatan hingga 91 15%. Selain aktifitas siswa hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada pratindakan mencapai 40%. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 33 3%. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat mencapai 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS materi peristiwa sekitar proklamasi dengan menggunakan metode simulasi pada kelas V SDN Plosokerep 1 kota Blitar dapat meningkatkan aktifitas siswa dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Oleh karena itu disarankan bagi guru agar menggunakan metode simulasi dalam pembelajaran IPS agar hasilnya lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6489

Actions (login required)

View Item View Item