Sahara, Andi (2019) Manajemen blended learning di perguruan tinggi (studi multi kasus PENS Surabaya dan TEL-U Bandung) / Andi Sahara. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vi ABSTRAK Sahara Andi. 2018. Manajemen Mutu Blended Learning di Perguruan Tinggi. (Studi Multi Kasus PENS Surabaya dan Tel-U Bandung). Disertasi. Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbingan (I) Prof. Dr. H. Mardji M.Kes. (II) Dr. H. Syamsul Hadi M.Pd. M.Ed. (III) Dr. H. Hakkun Elmaunsyah S.T. M.T. Kata Kunci Pembelajaran campuran (blended learning) Manajemen pembelajaran. Konteks penelitian ini adalah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat digunakan untuk media pembelajaran dengan tidak terbatas oleh waktu dan tempat dalam melakukan proses pembelajaran. Fokus penelitian pada pelaksananaan blended learning di PENS Surabaya dan Tell-U Bandung serta aspek perencanaan pengorganisasian pelaksanaan evaluasi dan hasil yang dicapai dalam manajemen pembelajaran campuran (blended learning) di kedua perguruan tinggi. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan mengungkap dan menemukan faktor-faktor dominan yang mewarnai manajemen pembelajaran blended learning. Fokus penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan pendekatan naturalistik dan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi blended learning di perguruan tinggi pada program studi teknik membutuhkan perancangan khusus untuk menghasilkan proses pembelajaran yang efektif dan efisien secara umum semua aspek dari manajemen memberikan dampak yang positif terhadap proses pembelajaran. Pertama membuat perencanaan pembelajaran sebagai agenda program kerja. Rencana dituangkan dalam rencana penyelenggaraan pembelajaran perkuliahan kebutuhan infrastruktur aplikasi pendukung dan pengembangan layanan sistem informasi. Kedua mengorganisasikan atau mengalokasikan sumber daya yang ada. Alokasi sumber daya pada perpustakaan laboratorium sarana dan prasarana tata kelola pembelajaran anggaran dan sumber daya manusia. Ketiga melaksanakan pembelajaran sesuai target yang ditentukan sebelumnya. Pelaksanaan dilakukan melalui proses pembelajaran bimbingan akademik perkuliahan perwalian transformasi TIK dan sistem informasi. Keempat melakukan evaluasi pembelajaran guna melihat mutu pembelajaran. Evaluasi dilakukan untuk melihat tujuan evaluasi teknik evaluasi penilaian kinerja sumber daya manusia dan infrastruktur serta layanan pembelajaran. Kelima Hasil yang telah dicapai diwujudkan melalui upaya pengembangan dan ketaatan pada kebijakan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64887 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |