Sahri, Agus (2019) Manajemen kurikulum Program Studi Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) untuk meningkatkan mutu lulusan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) / Agus Sahri. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sahri Agus. 2018. Manajemen Kurikulum Program Studi Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) untuk Meningkatkan Mutu Lulusan di Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ). Disertasi. Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbingan (I) Prof. Dr. Mardji M.Kes. (II) Dr. Purnomo M.Pd. (III) Dr. R.M. Sugandhi S.T. M.T. Kata Kunci manajemen kurikulum kurikulum program studi mutu lulusan Penelitian ini berjudul Manajemen Kurikulum Program Studi Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ). Latar belakang penelitian ini adalah bahwa program studi PKB di lingkungan Departemen Perhubungan belum bisa menjawab kebutuhan tuntutan masyarakat dan dunia kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji kegiatan-kegiatan manajemen kurikulum di PKTJ Tegal STTD Bekasi dan BP2TD Bali yang mencakup analisis lingkungan perencanaan kurikulum pelaksanaan kurikulum pengawasan kurikulum dan penilaian kurikulum dalam meningkatkan mutu lulusannya. Penelitian ini mengaplikasikan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara studi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan berbagai kegiatan dalam kelima tahap manajemen kurikulum yakni (1) Menganalisis lingkungan internal dan eksternal oleh level pusat untuk mengidentifikasi Strengths Weaknesses Opportunities dan Threats dari lingkungannya sehingga diketahui posisi lembaga sebagai dasar untuk menentukan visi misi dan tujuan (2) Merencanaan kurikulum pada level pusat dengan menyusun pedoman pengembangan kurikulum untuk tingkat Prodi. Pada level fakultas/prodi PKTJ Tegal mengacu pada pedoman penyusunan kurikulum tingkat pusat visi misi dan tujuan Pendidikan Nasional Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi Program studi serta customers needs demands and satisfaction. Adapun STTD Bekasi dan BPPTD ditambah dengan mengacu pada kesepakatan Badan/Asosiasi Prodi yang sama tingkat Nasional dan Wilayah (3) Melaksanakan kurikulum dengan menyusun perencanaan pelaksanaan kurikulum melaksanakan proses pembelajaran dan melakukan penilaian (4) Melakukan supervisi akademik tidak langsung karena dosen-dosen diawasi kinerjanya dan kehadirannya oleh mahasiswa sepanjang semester (5) Melakukan penilaian kurikulum secara internal dan eksternal. Hasil penelitian dalam disertasi ini menunjukkan PKTJ Tegal STTD Bekasi dan BPPTD Bali sudah melaksanakan kelima tahapan manajemen kurikulum tetapi capaian pembelajarannya belum sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai pada tiap periodenya atau tahapannya. Tindak lanjut dari pengembangan kurikulum ketiga perguruan tinggi diharapkan akan menerapkan target-target kompetensi setiap tahapnya. Pada tahun pertama kompetensi yang ditargetkan untuk memberikan dasar-dasar semua prodi tahun kedua memberikan dasar yang menjadi fokus prodi tahun ketiga kompetensi yang ditargetkan adalah penguasaan bidang keahlian sesuai prodi dan tahun keempat adalah kompetensi yang mengarah keahlian tertentu atau spesialisasi.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64886 |
Actions (login required)
View Item |