Pengaruh modus belajar di kelas, tipe lokus kendali, etos belajar, karakteristik tempat praktik kerja profesi terhadap kapabilitas dan mindset entrepreneurship lulusan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan / Suyitno - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh modus belajar di kelas, tipe lokus kendali, etos belajar, karakteristik tempat praktik kerja profesi terhadap kapabilitas dan mindset entrepreneurship lulusan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan / Suyitno

Suyitno (2018) Pengaruh modus belajar di kelas, tipe lokus kendali, etos belajar, karakteristik tempat praktik kerja profesi terhadap kapabilitas dan mindset entrepreneurship lulusan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan / Suyitno. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suyitno 2017. Pengaruh Modus Belajar di Kelas Tipe Lokus Kendali Etos Belajar Karakteristik Tempat Praktik Kerja Profesi terhadap Kapabilitas dan Mindset Entrepreneurship Lulusan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan. Program Studi Pendidikan Kejuruan Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Amat Mukhadis M.Pd. (II) Dr. SyariefSuhartadi M.Pd. (III) Dr. Eddy Sutadji M.Pd. Kata Kunci modus belajar tipe lokus kendali etos belajar karakteristik tempat praktik kerja profesi kapabilitas lulusan mindset entrepreneurship. Tujuan penelitianadalah menemukan memverifikasi danmengujipengaruhlangsung (1) modus belajar di kelasterhadapkapabilitaslulusan (2) tipelokuskendaliterhadapkapabilitaslulusan (3) etosbelajarterhadapkapabilitaslulusan (4) karakteristiktempatpraktikkerjaprofesiterhadapkapabilitaslulusan (5) modus belajarterhadapmindset entrepreneurshiplulusan (6) tipelokuskendaliterhadapmindset entrepreneurshiplulusan (7) etosbelajarterhadapmindset entrepreneurshiplulusan (8) karakteristiktempatpraktikkerjaprofesiterhadapmindset entrepreneurshiplulusan (9) kapabilitaslulusanterhadapmindset entrepreneurshiplulusandan(10) modus belajar tipelokuskendali etosbelajardankarakteristiktempatpraktikkerjaprofesiterhadapkapabilitasdanmindset entrepreneurshiplulusan. Penelitianinimenggunakanexploratory research dandescriptive research digunakanpendekatankuantitatifdenganmetodesurvei.Variabel-variabel yang terlibatadalahvariabel modus belajar di kelas tipelokuskendali etosbelajar karakteristiktempatpraktikkerjaprofesi kapabilitaslulusan danmindset entrepreneurship.Adapunsifathubunganantaravariabel-variabeltersebutadalahvariabelvariabelbebasberpengaruhlangsungdantidaklangsungterhadapvariabelvariabelterikat.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhtaruna PKTJ program studi Diploma IV TKO sebanyak 109 taruna Diploma III PKB sebanyak 182 tarunadan Diploma IV MKTJ sebanyak 225 tarunadenganjumlah total tarunasebanyak 516 orang. Teknik sampling yang digunakandalampenelitianinimenggunakanproportional random samplingdengananggapanpopulasitarunadianggaphomogen.Sampel yang diambiluntukjumlahpopulasi 516 tarunasebanyak 230 orang tarunadiutamakanbagi yang sudahmelaksanakanpraktikkerjaprofesiuntukpenentuanjumlahsampeldaripopulasitertentu yang dikembangkanrumus 10 kali jumlahvariabelparametriknyasebanyak 23 variabel.Teknikpengumpulan datadenganmenggunakankuesioneratauangket yang dibagikankepadataruna yang sudahlulus yang dipilihsebagaisampel. Penelitian ini menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modeling)dengan program AMOS. Subjek penelitian ini adalah seluruhtaruna PKTJ. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner yang diuji dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas intrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruhlangsung dan signifikan modus belajar di kelasterhadapkapabilitaslulusan (2) ada pengaruhlangsung dan signifikan tipelokuskendaliterhadapkapabilitaslulusan (3) ada pengaruhlangsung dan signifikanetosbelajarterhadapkapabilitaslulusan (4) ada pengaruhlangsung dan signifikan karakteristiktempatpraktikkerjaprofesiterhadapkapabilitaslulusan (5) ada pengaruhlangsung dan signifikan modus belajarterhadapmindset entrepreneurshiplulusan (6) ada pengaruhlangsung dan signifikan tipelokuskendaliterhadapmindset entrepreneurshiplulusan (7) ada pengaruhlangsung dan signifikan etosbelajarterhadapmindset entrepreneurshiplulusan (8) ada pengaruhlangsung dan signifikan karakteristiktempatpraktikkerjaprofesiterhadapmindset entrepreneurshiplulusan (9) ada pengaruhlangsung dan signifikan kapabilitaslulusanterhadapmindset entrepreneurshiplulusan dan(10) ada pengaruhlangsung dan signifikan antara modus belajar tipelokuskendali etosbelajardankarakteristiktempatpraktikkerjaprofesiterhadapkapabilitaslulusandenganmindse t entrepreneurship. Berdasarkan temuan penelitian di atas ada beberapa hal yang perlu disampaikan (1) modusbelajaryang dilakukanolehdosenterhadaptarunadi kelasdariaspekscientificyaknidijelaskandenganlogika interaksi yang baikantardosendengantaruna mendorongberpikirkritis mendorongtaruna agar mampumenerapkansehinggarespontarunaperlu lebihmeningkat (2) perlu mengembangkankegiatan yang memicu rasa percayadiritaruna agar mampumenyelesaikansesuatuhaltanpaharusmengharapkankeberhasilandaripihakluarsehingga dapat meningkatkan kapabilitasmelaluikecakapanhard skill soft skillmaupunjiwakompetitif (3) etosbelajar yang baiktidaksertamertamunculdariindividutarunamelainkanharus di dukungdaripihakinstitusisehinggamenjadikanlulusan yang mempunyaikapabilitastinggi dan (4) karakteristiktempatpraktikkerjaprofesimenentukankemampuanakhirtarunakarenamelaluikegia tantersebutmampumengaktualisasikankemampuansebagaiajangsinkronisasikemampuan yang akanditemui di tempatkerjasesungguhnya (5) temuan penelitian ini dapat dijadikanbahanpertimbangan dan evaluasidalampengembanganpembelajaran di institusipendidikanpadaumumnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64880

Actions (login required)

View Item View Item