Pengembangan buku ajar dan web pembelajaran berbasis CMS dalam pembelajaran pemrograman web untuk mahasiswa calon guru SMK di Universitas Negeri Manado / Hiskia Kamang Manggopa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar dan web pembelajaran berbasis CMS dalam pembelajaran pemrograman web untuk mahasiswa calon guru SMK di Universitas Negeri Manado / Hiskia Kamang Manggopa

Manggopa, Hiskia Kamang (2017) Pengembangan buku ajar dan web pembelajaran berbasis CMS dalam pembelajaran pemrograman web untuk mahasiswa calon guru SMK di Universitas Negeri Manado / Hiskia Kamang Manggopa. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Manggopa Hiskia Kamang.2017. PengembanganBuku Ajar danWebPembelajaranBerbasis CMS dalamPembelajaranPemrogramanWebuntukMahasiswaCalon Guru SMK di UniversitasNegeri Manado.Disertasi Program StudiPendidikanKejuruan PascasarjanaUniversitasNegeri Malang Pembimbing (I) Prof Dr. Mardji M.Kes. (II) Prof. Dr. Waras M.Pd. (III) Dr. HarySuswanto ST. MT Kata Kunci Pembelajaran Content Management System Web Pembelajaran Banyakaplikasi CMS (Content Managemen System) dengantampilanmenarik fitur-fitur yang canggihdanlengkapsertakemudahancarapenggunaannya berkembangpesathinggapemakaiannyaterbilangsangatluastermasukdalambidangpendidikan.Web pembelajaranberbasis CMS dapatmendorongkeinginanmahasiswauntukberpartisipasiaktifdalamkegiatanpembelajaran.Masala hkualitasbelajarmerupakansalahsatupokokutama yang dialamimahasiswadansangatmendesakmancaricaramenanggulanginya. Berdasarkanpengamatan pengalamansertaobservasi di Prodi PTIK FatekUnima proses danhasilpembelajaranmatakuliahPemrogramanWebbelumsesuaidenganapa yang diharapkan. Proses pembelajaranyang belum optimaldisebabkanantara lain sistempembelajaranbelumdiintegrasikansepenuhnyadengankomputerdan internet terbatasnyabahan ajar jumlahmahasiswa yang cukupbanyak kurangberimbangnyawaktupembelajarandanpadatnyamaterisehinggadiperlukansistempembelajar antambahanbagimahasiswauntukdapatmemahamimaterikuliah.Faktor-faktor yang berpengaruhatauberperandalammeningkatkan proses pembelajarantersebut.Beberapa di antaranyaadalahpenerapanmedia pembelajaranberupabuku ajar dan web pembelajaran. Tujuanpenelitiansecararinciadalah (1) Menghasilkanprodukberupaaplikasiwebpembelajaranberbasis CMS untukmengajarkanPemrograman Webbagimahasiswacalon guru SMK (2) Menghasilkanprodukberupabuku ajar untukmengajarkanPemrograman Web bagimahasiswacalon guru SMK (3) Mengetahuikeefektivanwebpembelajaranberbasis CMS danbuku ajar hasilpengembanganterhadappeningkatanhasilbelajarPemrograman Web dan (4) MengetahuiperbedaanhasilbelajarPemrograman Webantarakelompokmahasiswa yang diajarmenggunakanwebpembelajaranberbasis CMS dengankelompokmahasiswa yang diajarmenggunakanbuku ajar.Penelitianinimenggunakan model penelitiandanpengembangan. Model penelitiandanpengembangan yang digunakanadalah Model Konseptual yang diadaptasidari Model PenelitianPengembangan Borg and Gall.Penelitiandilaksanakansejak Mei 2016 sampaidengan Mei 2017.Sebanyak 65 orangdilibatkandalamevaluasiformatifyang terbagidalamujiperorangan ujikelompokkecil danujilapangan.Evaluasisumatifmelibatkan60mahasiswa yang dibagimenjadi 2 kelompok.Data yang dikumpulkanberasaldariahlimateri ahli media dosendanmahasiswa.Instrumenpengumpulan data berupaangketdanteshasilbelajar.Data dianalisissecaradeskriptifkualitatifdananalisisstatistikdeskriptif. Hasilpenelitianiniadalah prosedurpengembanganbuku ajardanwebpembelajaranmelaluilimatahapanyaituanalisiskebutuhan mengembangkandesainpembelajaran memproduksi multimedia pembelajaran melakukanevaluasiformatif danmelakukanevaluasisumatif. Semuatahapantersebuttelahselesaidilakukanhinggamenghasilkanproduk media pembelajarandalambentukbuku ajar danweb pembelajaranmatakuliahPemrograman Web yang telahmemenuhikriteriakelayakandanefektivitas. Hasil yang lain daripenelitianiniadalahkomponenKompetensiDasar yang dikembangkanmelaluimateridalambuku ajar danwebpembelajaranmeliputi 1) menjelaskanKonsep HTML berlatihdanmengaplikasikanelemen-elemen HTML 2) menjelaskankonsepdasar CSS sertamenggunakanelemen-elemen CSS. 3). menjelaskankonsepdasar berlatihdanmempraktekkanpenggunaanelemen Java Script. 4). menjelaskankonsepdasar PHP sertamenerapkanpenggunaanelemen PHP. 5). menjelaskankonsep basis bata di web sertamengimplementasipenggunaan basis data dalam MySQL. 6). menjelaskankonsep Content Management System elemen jenis modulsertadapatmembangunwebmenggunakan CMS Produkbuku ajar danwebpembelajaran yang dikembangkantergolonglayakdigunakansebagai media pembelajaran. ProdukwebpembelajarandapatmeningkatkankualitaspembelajaranmatakuliahPemrograman Web. Hal inidibuktikandenganperbedaanbesaran posttest-pretest keduakelompok.Reratakelompok yang menggunakan web pembelajaranlebihtinggidibandingkandengankelompok yang menggunakanbuku ajar. Dengandemikian weppembelajaran yang dikembangkanefektifdandapatmeningkatkankualitaspembelajaranpadamatakuliahPemrograman Web.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64877

Actions (login required)

View Item View Item