Kesesuaian profil kompetensi produktif siswa SMK Bidang Keahlian Teknik Konstruksi Gedung terhadap kebutuhan jasa konstruksi / Rolly Robert Oroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesesuaian profil kompetensi produktif siswa SMK Bidang Keahlian Teknik Konstruksi Gedung terhadap kebutuhan jasa konstruksi / Rolly Robert Oroh

Oroh, Rolly Robert (2017) Kesesuaian profil kompetensi produktif siswa SMK Bidang Keahlian Teknik Konstruksi Gedung terhadap kebutuhan jasa konstruksi / Rolly Robert Oroh. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rolly Robert Oroh. 2017. Kesesuaian Profil Kompetensi Produktif Siswa SMK Bidang Keahlian Teknik Konstruksi Gedung Terhadap Kebutuhan Jasa Konstruksi. Disertasi Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Haris Anwar Syafrudie M.Pd. (II) Dr. R.M. Sugandi S.T. M.T. (III) Dr. Isnandar M.T. Kata Kunci pengetahuan siswa keterampilan siswa sikap siswa konstruksi bangunan jasa konstruksi. Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Paket Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton (TKBB) diharapkan dapat mengisi jabatan dalam pekerjaan sebagai tenaga terampil jasa konstruksi sebagai operator/mandor/ pelaksana. Kompetensi produktif yang dimiliki siswa SMK masih dianggap belum sesuai atau belum relevan dengan kebutuhan jasa konstruksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan kesesuaian dan faktor-faktor dominan kompetensi produktif siswa SMK Paket Keahlian TKBB dalam melaksanakan pekerjaan pondasi dangkal dan pekerjaan struktur beton yang sesuai kebutuhan jasa konstruksi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa SMK Paket Keahlian TKBB di Sulawesi Utara yang diambil secara acak berjumlah 52 siswa dari total populasi 107 siswa. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes untuk mengetahui pengetahuan siswa instrumen tes unjuk kerja untuk mengetahui keterampilan siswa dan angket skala likert untuk mengetahui sikap siswa dalam melakukan pekerjaan pondasi dan pekerjaan struktur beton. Instrumen tes tertulis dinyatakan valid dengan teknik korelasi biserial dan dinyatakan reliabel melalui metode KR-20 dengan nilai r hitung 0 924. Instrumen skala likert dinyatakan valid dengan teknik korelasi Pearson Product Moment dan dinyatakan reliabel melalui metode alpha cronbach dengan nilai r hitung 0 957. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis faktor. Hasil penelitian menemukan bahwa sebagian besar siswa SMK Paket Keahlian TKBB di Sulawesi Utara memiliki kompetensi produktif dalam melakukan pekerjaan pondasi dan pekerjaan struktur beton sesuai kebutuhan jasa konstruksi yang di tandai tercapainya standar minimal kompetensi produktif klasifikasi A atau baik dengan indikator masing-masing pada (1) aspek pengetahuan adalah paham tentang pengukuran beda tinggi pematokan hasil pengukuran pasang bowplank galian tanah pondasi urugan tanah profil pasangan pondasi dan pasangan pondasi dalam melaksanakan pekerjaan pondasi juga paham tentang pasang perancah buat bekisting merakit tulangan pasang tulangan dan pengecoran beton dalam melaksanakan pekerjaan struktur beton (2) aspek keterampilan adalah terampil membuat bowplank membaca gambar kerjagalian tanah dan membaca gambar kerja pasangan pondasi dalam melaksanakan pekerjaan pondasi juga terampil baca gambar kerja buat acuan beton dan pasang tulangan dalam melaksanakan pekerjaan struktur beton dan (3) aspek sikap adalah cermat menentukan titik pondasi sesuai gambar kerja mengukur beda tinggi dan pasang bowplank dalam melaksanakan pekerjaan pondasi juga cermat pasang perancah buat bekisting merakit tulangan dan gunakan peralatan dalam melakukan pekerjaan struktur beton. Hasil penelitian menemukan faktor-faktor dominan kompetensi produktif siswa sesuai standar kompetensi kerja dalam melakukan pekerjaan pondasi dan struktur beton pada (1) aspek pengetahuan adalah faktor spesifikasi teknis pondasi dangkal pekerjaan profil pasangan pondasi dangkal persiapan pengecoran beton penuangan beton segar dan faktor pengecoran beton (2) aspek keterampilan adalah faktor membaca gambar kerja pondasi pekerjaan pengecoran beton dan pemasangan tulangan beton dan (3) aspek sikap adalah faktor pekerjaan persiapan pasangan pondasi dangkal pekerjaan pasangan pondasi pekerjaan persiapan pengecoran dan faktor penulangan beton. Saran yang perlu disampaikan sebagai berikut (1) pihak sekolah agar secara periodik dapat melakukan konfirmasi kebutuhan jasa konstruksi dan mengintegrasikannya dalam silabus dengan difokuskan pada pemahaman pekerjaan profil pasangan pondasi dan pemahaman pelaksanaan pengecoran beton yang sesuai tingkatan standar kerja untuk siswa SMK (2) pihak sekolah agar dapat memaksimalkan sinergitas dengan pihak dunia usaha jasa konstruksi sebagai tempat prakerin (praktek kerja industri) bagi siswa dan difokuskan pada keterampilan membaca gambar kerja pondasi dan keterampilan pemasangan tulangan beton dan (3) pihak sekolah untuk lebih meningkatkan perilaku dan sikap kerja siswa yang baik yang difokuskan pada sikap cermat dan teliti dalam pekerjaan persiapan pasangan pondasi dan dalam pekerjaan penulangan beton.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64876

Actions (login required)

View Item View Item