Analisis faktor faktor yang berkontribusi terhadap tingkat kompetensi guru dan dampaknya pada kesiapan teaching factory dan jenis pengembangan keprofesian berkelanjutan guru produktif di SMK / Samnur - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor faktor yang berkontribusi terhadap tingkat kompetensi guru dan dampaknya pada kesiapan teaching factory dan jenis pengembangan keprofesian berkelanjutan guru produktif di SMK / Samnur

Samnur (2017) Analisis faktor faktor yang berkontribusi terhadap tingkat kompetensi guru dan dampaknya pada kesiapan teaching factory dan jenis pengembangan keprofesian berkelanjutan guru produktif di SMK / Samnur. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Samnur 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Berkontribusi terhadap Tingkat Kompetensi Guru dan Dampaknya pada Kesiapan Teaching Factory dan Jenis Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Produktif di SMK Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Marji M.Kes. (II) Dr. Dwi Agus Sudjimat M.Pd. (III) Prof. Dr. Eko Hadi Sujiono M.Si. Kata kunci kompetensi guru kesiapan teaching factory pengembangan keprofesian berkelanjutan. Guru profesional merupakan tuntutan mutlak untuk dapat menjawab sejumlah permasalahan pendidikan saat ini yang diyakini dapat memberi sumbangan sangat berarti terhadap pencapaian keberhasilan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji apakah ada kontribusi yang signifikan faktor internal maupun faktor eksternal secara parsial terhadap tingkat kompetensi pedagogik profesional kepribadian dan sosial guru produktif SMK Program Keahlian Teknik Mesin dan Teknik Otomotif di Sulawesi Selatan (2) mengkaji apakah ada kontribusi yang signifikan tingkat kompetensi pedagogik profesional kepribadian dan sosial guru produktif terhadap kesiapan teaching factory pada SMK Program Keahlian Teknik Mesin dan Teknik Otomotif di Sulawesi Selatan dan (3) membuat gambaran profil jenis pengembangan keprofesian berkelanjutan yang telah diikuti oleh guru produktif Program Keahlian Teknik Mesin dan Teknik Otomotif di SMK Sulawesi Selatan pasca UKG 2015. Pelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah guru produktif SMK Program Keahlian Teknik Mesin dan Teknik Otomotif yang tersebar pada 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan yang telah mengikuti Uji Kompetensi Guru tahun 2015 sebanyak 606 orang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 252 orang yang diambil secara proporsional. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif comfirmatory factor analysis (CFA) dan analisis structural equation modeling (SEM). Hasil analisis atas kajian terhadap 12 jalur variabel laten menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi antara faktor internal dan eksternal terhadap tingkat kompetensi guru dimana faktor internal dan eksternal berpengaruh signifikan terhadap kompetensi kepribadian dan sosial dan tidak signifikan terhadap kompetensi pedagogik dan profesional (2) terdapat kontribusi yang signifikan antara tingkat kompetensi (kompetensi pedagogik bidang studi kepribadian dan sosial) terhadap kesiapan teaching factory (3) gambaran profil pengembangan keprofesian berkelanjutan yang telah diikuti oleh guru pasca UKG baik untuk kegiatan PKB bentuk diklat maupun PKB bentuk nondiklat sebagian besar masih berfokus pada kegiatan di internal sekolah. Rekomendasi dari penelitian ini adalah perlu dibuat suatu mekanisme pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru produktif Program Keahlian Teknik Mesin dan Teknik Otomotif yang tidak hanya dalam bentuk teoretis seperti saat ini melainkan dalam bentuk praktek kerja nyata di dunia usaha/dunia industri untuk meningkatkan kompetensinya. Salah satu bentuk nyata peran dunia usaha/dunia industri tersebut dapat dicapai melalui penyiapan teaching factory di SMK

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64870

Actions (login required)

View Item View Item