Kontribusi pembelajaran kejuruan di sekolah dan di industri terhadap kreativitas dan inovasi serta dampaknya pada kompetensi membuat busana siswa SMK / ST. Aisyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi pembelajaran kejuruan di sekolah dan di industri terhadap kreativitas dan inovasi serta dampaknya pada kompetensi membuat busana siswa SMK / ST. Aisyah

Aisyah, ST. (2017) Kontribusi pembelajaran kejuruan di sekolah dan di industri terhadap kreativitas dan inovasi serta dampaknya pada kompetensi membuat busana siswa SMK / ST. Aisyah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK St. Aisyah.2017. Kontribusi Pembelajaran Kejuruan di Sekolah dan di Industri Terhadap Kreativitas dan Inovasi Siswa Serta Dampaknya pada Kompetensi Membuat Busana Siswa SMK. Disertasi Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Djoko Kustono M.Pd. (II) Dr. Syamsul Hadi M.Ed. M.Pd. (III) Dr. Ir. Hasanah Nur MT Kata Kunci Pembelajaran kejuruan di sekolah Pembelajaran kejuruan di industri Kreativitas Inovasi Kompetensi membuat busana. Kompetensi Keahlian Tata Busana di SMK bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang merupakan tenaga terdidik terlatih dan terampil guna memenuhi kompetensi yang dipersyaratkan oleh dunia kerja dalam bidang yang relevan. Pembelajaran kejuruan di sekolah dan pembelajaran kejuruan di industri diharapkan dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi siswa dalam mencipta dan membuat busana. Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung antara (1) pembelajaran kejuruan di sekolah dengan kreativitas siswa (2) pembelajaran kejuruan di sekolah dengan inovasi siswa (3) pembelajaran kejuruan di industri dengan kreativitas siswa (4) pembelajaran kejuruan di industri dengan inovasi siswa (5) pembelajaran kejuruan di sekolah dengan kompetensi membuat busana (6) pembelajaran kejuruan di industri dengan kompetensi membuat busana (7) kreativitas dengan inovasi siswa (8) kreativitas dengan kompetensi membuat busana (9) inovasi dengan kompetensi membuat busana. (10) pembelajaran kejuruan di sekolah dengan kompetensi membuat melalui kreativitas sebagai variabel intervening (11) pembelajaran kejuruan di sekolah dengan kompetensi membuat busana melalui inovasi sebagai variabel intervening (12) pembelajaran kejuruan di industri dengan kompetensi membuat busana melalui kreativitas sebagai variabel intervening (13) pembelajaran kejuruan di industri dengan kompetensi membuat busana melalui inovasi sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII Program Keahlian Tata Busana tahun ajaran 2016/2017 pada SMK di Sulawesi Selatan. Sampel penelitian berjumlah 315 siswa dari 11 sekolah yang ditentukan dengan cluster sampling. Data dikumpulkan dengan dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) yang berfungsi untuk menjelaskan secara menyeluruh hubungan antar variable yang ada dalam penelitian. Pengujian hipotesis penelitian dengan Structural equation Modeling (SEM) menemukan bahwa (1) terdapat perngaruh yang signifikan antara pembelajaran kejuruan di sekolah terhadap kreativitas siswa (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kejuruan di industri terhadap kreativitas siswa (3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kejuruan di sekolah terhadap inovasi siswa (4) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kejuruan di industi terhadap inovasi siswa (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas siswa dengan inovasi siswa (6) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kejuruan di sekolah terhadap kompetensi membuat busana (7) terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kejuruan di industri terhadap kompetensi membuat busana (8) terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas siswa dengan kompetensi membuat busana (9) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara inovasi siswa terhadap kompetensi membuat busana (10) pembelajaran kejuruan di sekolah melalui kreativitas berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi membuat busana (11) pembelajaran kejuruan di sekolah melalui inovasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi membuat busana (12) pembelajaran kejuruan di industri melalui kreativitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi membuat busana (13) pembelajaran kejuruan di industri melalui inovasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi membuat busana. Berdasarkan hasil penelitian maka hal yang direkomendasikan pada penelitian ini adalah penyelenggaraan pembelajaran kejuruan di sekolah dan pembelajaran kejuruan di industri bersenergi untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi siswa sehingga berdampak pada kompetensi membuat busana pada siswa SMK Program Keahlian Tata Busana. Bentuk penyelenggaraan pembelajaran kejuruan di sekolah harus memadukan secara sistemik dan sinkron antara program pembelajaran di industri dan penguasaan keahlian yang diperoleh siswa melalui bekerja langsung di industri untuk mencapai tingkat komptensi keahlian yang dibutuhkan oleh siswa dalam memasuki dunia kerja.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64868

Actions (login required)

View Item View Item