Studi tentang relevansi kompetensi lulusan SMK Tata Busana dengan kompetensi yang dibutuhkan industri busana di Malang Raya / Nur Endah Purwaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang relevansi kompetensi lulusan SMK Tata Busana dengan kompetensi yang dibutuhkan industri busana di Malang Raya / Nur Endah Purwaningsih

Purwaningsih, Nur Endah (2017) Studi tentang relevansi kompetensi lulusan SMK Tata Busana dengan kompetensi yang dibutuhkan industri busana di Malang Raya / Nur Endah Purwaningsih. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwaningsih Nur Endah. 2017. Relevansi Kompetensi Lulusan SMK Tata Busana dengan Kompetensi yang dibutuhkan Pekerja Industri Busana di Malang Raya. Disertasi Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Ir. H. Djoko Kustono M.Pd. (II) Dr. Muladi S.T. M.T. (III) Dr. Emy Budiastuti M.Pd. Kata Kunci relevansi kompetensi lulusan SMK pekerja industri Lulusan SMK disinyalir sebagai penyumbang pengangguran terbesar di Indonesia. Hal ini tidak sesuai dengan UUSPN No. 20 tahun 2003 pasal 15 yang menyatakan Pendidikan Menengah Kejuruan bertujuan untuk menyiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Tujuan khusus SMK menyiapkan peserta didik agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lapangan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan bidang dan program keahlian yang diminati. Lulusan SMK Tata Busana dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan yang memadai tentang semua hal yang berkaitan dengan menjahit pakaian bahkan telah melalui uji kompetensi sebagai syarat kelulusan. Namun hanya sebagian saja lulusan SMK Tata Busana yang terserap di industri busana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat relevansi antara kompetensi yang dimiliki lulusan SMK Tata Busana dengan kompetensi yang dibutuhkan pekerja industri busana. Penelitian dilakukan di industri garmen dan industri butik serta SMK yang memiliki Program Keahlian Tata Busana dan berada di Malang Raya. Penelitian menggunakan model mixed method dengan pendekatan Sequential Exploratory. Snow ball sampling digunakan untuk menentukan sampel industri dalam penelitian kualitatif dan purposive sampling digunakan untuk memilih SMK yang akan dijadikan tempat penelitian kuantitatif. Tahap pertama penelitian kualitatif dilakukan di 5 industri garmen dan 3 industri butik untuk mengetahui jenis pekerjaan dan kompetensi yang dbutuhkan pekerja industri garmen dan industri butik yang berada di Malang Raya. Pengambilan data dilakukan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian kualitatif di industri dikembangkan menjadi sebuah instrumen yang akan digunakan untuk melihat apakah kompetensi yang diajarkan di SMK Tata Busana sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan industri busana. Tahap ke dua penelitian kuantitatif yang dilakukan di 5 SMK Negeri dan Swasta yang mempunyai Program Keahlian Tata Busana di Malang Raya. Pengambilan data menggunakan angket dan wawancara. Temuan penelitian kuantitatif dianalisis menggunakan uji t untuk melihat tingkat relevansi antara kompetensi yang dimiliki lulusan SMK Tata Busana dan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri garmen dan butik. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) ) salah satu penyebab banyaknya lulusan SMK Tata Busana menganggur karena kompetensi yang mereka miliki tidak dihargai di industri busana 2) tidak terdapat perbedaan antara kompetensi yang dimiliki lulusan SMK Tata Busana dengan kompetensi yang dibutuhkan pekerja industri garmen dan (3) tidak terdapat perbedaan kompetensi lulusan SMK Tata Busana dengan kompetensi yang dibutuhkan pekerja di industri butik. Dari temuan penelitian dapat dikemukakan beberapa saran antara lain (a) pemerintah lembaga pendidikan (SMK) dan DU/DI duduk bersama untuk mencari solusi memecahkan masalah pengangguran (b) industri sebagai pengguna tenaga kerja harus memberi peluang kepada lulusan SMK bidang keahlian Tata Busana untuk dapat bekerja di perusahaan dan menghargai kompetensi yang dimiliki dan (c) pemerintah sebaiknya bekerja sama dengan industri dalam penerimaan tenaga kerja sehingga lulusan SMK dapat tertampung di dunia kerja.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64865

Actions (login required)

View Item View Item