Puspitasari, Febri Ayu (2017) Peningkatan hasil belajar matematika bilangan bulat melalui model open ended problems pada siswa kelas IV SDN Karangrejo 03 Kabupaten Blitar / Febri Ayu Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Puspitasari Febri Ayu. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Bilangan Bulat melalui Model Open Ended Problems pada Siswa Kelas IV SDN Karangrejo 03 Kabupaten Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si. (II) Yuniawatika S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Peningkatan Hasil Belajar Model Open Ended Problems Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di kelas IV SDN Karangrejo 03 Kabupaten Blitar pada pembelajaran matematika diketahui bahwa (1) guru tidak menggunakan RPP saat kegiatan pembelajaran (2) guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif (3) siswa tidak terlibat secara aktif dalam penggunaan media dan membuktikan rumus matematika dan (4) hanya beberapa siswa yang dapat mengerjakan soal dengan benar. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian dengan menerapkan model Open Ended Problems untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Karangrejo 03 Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dokumentasi catatan lapangan dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualititif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan menerapkan model Open Ended Problems dapat berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan yaitu aktivitas guru pada siklus I 87% aktivitas siswa 81%. Pada siklus II aktivitas guru 92% aktivitas siswa 90%. Sementara itu hasil belajar siswa pada pratindakan menunjukkan hanya 8 dari 23 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 66.3 dan ketuntasan klasikal 35%. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat terbukti dari 23 siswa ada 17 siswa yang tuntas dan mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 8805 70 dengan nilai rata-rata kelas 74.5 dan ketuntasan klasikal 74%. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 21 dari 23 siswa dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata kelas 82.9 dan ketuntasan klasikal 91%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Open Ended Problems dapat meningkatkan hasil belajar matematika bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Karangrejo 03 Kabupaten Blitar dan disarankan pada guru untuk menerapkan model pembelajaran Open Ended Problems agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar dapat maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6486 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |