Model kecapakan hidup (life skills) dalam pendektan work-based learning pada bidang kompetensi usaha perjalanan wisata (travel business) / Windra Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Model kecapakan hidup (life skills) dalam pendektan work-based learning pada bidang kompetensi usaha perjalanan wisata (travel business) / Windra Aini

Aini, Windra (2017) Model kecapakan hidup (life skills) dalam pendektan work-based learning pada bidang kompetensi usaha perjalanan wisata (travel business) / Windra Aini. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Windra Aini 2017. Model Kecakapan Hidup (Life Skills) dalam Pendekatan Work-Based Learning pada Bidang Kompetensi Usaha Perjalanan Wisata (Travel Business). Disertasi Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Djoko Kustono M.Pd. (II) Dr. Ahmad Dardiri M.Pd. (III) Prof.Dr. Waras M.Pd. Kata Kunci work-based learning kecakapan hidup kualitas belajar peran industri iklim industri karakteristik mahasiswa. Kecakapan hidup merupakan faktor yang harus dimiliki mahasiswa dalam menghadapi fragmentasi lapangan kerja yang semakin kompleks pada saat ini. Dengan memiliki kecakapan hidup mahasiswa akan mampu menghadapi berbagai tuntutan dan tantangan dalam kehidupan secara lebih efektif. Program Praktik Kerja Nyata (PKN) di industri yang merupakan salah satu model pendekatan belajar berbasis tempat kerja (work-based learning) dianggap mampu menghantarkan mahasiswa untuk memperoleh kecakapan hidup. Faktor-faktor karakteristik mahasiswa iklim industri peran industri dan kualitas belajar WBL dianggap mempengaruhi kecakapan hidup mahasiswa. Penelitian ini bertujuan menemukan model kecakapan hidup dalam pendekatan work based learning pada bidang kompetensi usaha perjalanan wisata. Adapun hipotesis yang diuji dalam penelitian ini sebagai berikut (1) Ada pengaruh langsung yang signifikan antara karakteristik mahasiswa dan kualitas belajar WBL (2) Ada pengaruh langsung yang signifikan antara iklim industri dan kualitas belajar WBL (3) Ada pengaruh langsung yang signifikan antara peran industri dan kualitas belajar WBL (4) Ada pengaruh langsung yang signifikan antara karakteristik mahasiswa dan kecakapan hidup (5) Ada pengaruh langsung yang signifikan antara iklim industri dan kecakapan hidup (6) Ada pengaruh langsung yang signifikan antara peran industri dan kecakapan hidup (7) Ada pengaruh langsung yang signifikan antara kualitas belajar WBL dan kecakapan hidup (8) Ada pengaruh tidak langsung yang signifikan karakteristik mahasiswa terhadap kecakapan hidup melalui kualitas belajar WBL (9) Ada pengaruh tidak langsung yang signifikan iklim industri terhadap kecakapan hidup melalui kualitas belajar WBL (10) Ada pengaruh tidak langsung yang signifikan peran industri terhadap kecakapan hidup melalui kualitas belajar WBL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian survei dan dianalisis dengan metode analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian adalah mahasiswa program diploma 3 dan 4 usaha perjalanan wisata yang berasal dari empat perguruan tinggi di bawah kementerian pariwisata. Sampel penelitian berjumlah 132 mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan (1) Ada pengaruh langsung yang signifikan antara karakteristik mahasiswa dan kualitas belajar WBL (2) Ada pengaruh langsung yang signifikan antara iklim industri dan kualitas belajar WBL (3) Ada pengaruh langsung yang signifikan antara peran industri dan kualitas belajar WBL (4) Tidak ada pengaruh langsung yang signifikan antara karakteristik mahasiswa dan kecakapan hidup (5) Ada pengaruh langsung yang signifikan antara iklim industri dan kecakapan hidup (6) Tidak ada pengaruh langsung yang signifikan antara peran industri dan kecakapan hidup (7) Ada pengaruh langsung yang signifikan antara kualitas belajar WBL dan kecakapan hidup (8) Ada pengaruh tidak langsung yang signifikan karakteristik mahasiswa terhadap kecakapan hidup melalui kualitas belajar WBL (9) Ada pengaruh tidak langsung yang signifikan iklim industri terhadap kecakapan hidup melalui kualitas belajar WBL (10) Ada pengaruh tidak langsung yang signifikan peran industri terhadap kecakapan hidup melalui kualitas belajar WBL. Berdasarkan hasil temuan penelitian disarankan agar model kecakapan hidup dalam pendekatan work based learning berfokus pada kualitas belajar WBL. Kualitas belajar WBL menjadi inti dalam membentuk kecakapan hidup mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64855

Actions (login required)

View Item View Item