Sutijono (2017) Eksplorasi efektivitas magang industri bagi guru SMK Program Studi Otomotif di Kabupaten Sidoarjo (analisis terhadap faktor pendukung peningkatan kinerja guru) / Sutijono. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sutijono 2016. EksplorasiEfektivitas Magang Industri Bagi Guru SMKProgramStudi Otomotif di KabupatenSidoarjo (Analisis Terhadap Faktor Pendukung Peningkatan Kinerja Guru). Disertasi Program Studi Pen-didikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembim-bing (I) Prof. Dr. Ir. H. Djoko Kustono M.Pd. (II) Dr.Tri Atmadji Sutikno M.Pd (III) Prof. Dr. Sutrijono M.Pd Kata kunci magangindustri guru SMK program studiotomotif Guru mengajarsiswanyasesuaidenganapa yang diyakinidanapa yang difahami. Teknologiberkembangdenganpesattermasukteknologiotomotif. Olehkarenaituperluadalayananin service trainingbagi guru untukmeningkatkankemampuanprofesionalnya. Salah satuupayakegiatanin service trainingadalahmagang guru di industri. Magangindustri yang sudahtertanganidenganbaikadalahmagangbagisiswa yang disebutPendidikanSistem Ganda (PSG). PSG pada 2 SMK sasarantelah dilengkapi MOU antara SMK denganindustri namununtukmagangindustribagi guru belumadadokumen MOU antara SMK denganindustri. Tujuanpenelitianiniuntuk mengungkap faktor pendukungpeningkatankinerja guru program otomotif. Penelitianinimenggunakanpendekatanmixed method. Jenispendekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahexploratory design Instrument Development. Pendekatanpenelitian iniada 2 tahappenelitian yaitupenelitiankualitatifdanpenelitiankuantitatif. Penelitiankualitatifdilakukanpada 2 SMK sasaran yaitu SMK Negeri 3 BuduranSidoarjo dan SMK Krian 2 Krian. Kedua SMK tersebuttelahberstandar ISO 9001-2008. Penelitiankuantitatifdilakukanpada 14 SMK negeriswasta yang memiliki program keahlianotomotif di KabupatenSidoarjo. Jumlah responden penelitian kuantitatif sebanyak 70 orang responden.Metode pengumpulan data kualitatif menggunakan wawancara mendalam sedang data kuantitatifmenggunakan metode angket. Analisis data kuantitaif menggunakan analisis regresi dengan signifikansi 5 %. Hasilpenelitiankualitatif yang merupakanpengembangan 4 fokuspene-litiankualitatif berupa1) faktor pribadi guru 2) faktor perencanaan magang 3) faktor pelaksanaan magang dan 4) faktor wujud kinerja guru otomotif. Penelitian kualitatif diperoleh temuan 4 variabel dengan indikator-indikator masing-masing variabel dan hipotesispenelitian kuantitatif. Temuan penelitian kualitatif menunjukan peningkatan kinerja guru dipengaruhi kondisi pribadi guru kondisi perencanaan magang guru kondisi pelaksanaan magang guru. Temuan penelitian kuantitatif dari variabel independen yang berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kinerja guru adalah kondisi pribadi guru dan kondisi pelaksanaan magang guru sedang kondisi perencanaan magang guru tidak berpengaruh pada kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64853 |
Actions (login required)
View Item |