Sistem monitoring dan evaluasi berbantuan Information Techmology (IT) pada penyelenggaraan praktik kerja industri siswa SMK Bidang Pemesinan / Widiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem monitoring dan evaluasi berbantuan Information Techmology (IT) pada penyelenggaraan praktik kerja industri siswa SMK Bidang Pemesinan / Widiyanti

Widiyanti (2016) Sistem monitoring dan evaluasi berbantuan Information Techmology (IT) pada penyelenggaraan praktik kerja industri siswa SMK Bidang Pemesinan / Widiyanti. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widiyanti 2015. Sistem Monitoring dan Evaluasi Berbantuan Information Technology (IT) Pada Penyelenggaraan Praktik Kerja Industri Siswa SMK Bidang Pemesinan. Disertasi Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ir. H. Djoko Kustono M.Pd. (II) Dr. Eddy Sutadji M.Pd. (III) Dr. H. Ahmad Dardiri M.Pd. Kata kunci sistem monitoring dan evaluasi IT (Information Technology) praktik kerja industri SMK. Karakteristik penyelenggaraan pendidikan kejuruan diantaranya adalah pemberlakuan sistem ganda (dual system) dimana perencanaan dan pelaksanaan pendidikan diwujudkan melalui kemitraan antara dunia kerja dengan sekolah. Pembelajaran di dunia kerja merupakan bagian integral program pendidikan kejuruan secara menyeluruh dan oleh karenanya materi yang dipelajari dan kompetensi yang dilatihkan harus jelas kaitannya dengan profil kompetensi tamatan yang telah ditetapkan. Sebagai bagian dari pembelajaran praktik maka pelaksanaan monitoring dan evaluasi (monev) yang baik dibutuhkan dalam upaya perbaikan kualitas pembelajaran yang memenuhi fungsi perbaikan kompetensi dan kinerja siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi sistem monev (Si-Monev) penyelenggaraan prakerin berbantuan IT yang valid praktis dan efektif untuk menilai kompetensi siswa SMK khususnya bidang pemesinan sekaligus memvalidasi tingkat keterlaksanaan dan efektivitas penerapannya pada penyelenggaraan prakerin. Dalam penelitian ini metode pengembangan perangkat lunak menggunakan sekuensi model waterfall sesuai dengan kondisi berdasarkan analisis kebutuhan sedangkan model penelitian pengembangan merujuk pada model pengembangan Plomp The General Model of Education Problem Solving dengan pertimbangan bahwa model relatif mudah sederhana dan praktis sebagai salah satu model pengembangan pendidikan secara umum. Produk divalidasi melalui tahap pra-pengembangan (research) melalui fase investigasi awal fase desain fase realisasi fase tes evaluasi revisi dan fase implementasi. Pada tahap pengembangan diujicobakan pada perorangan dan validasi ahli kelompok kecil dan uji coba diperluas. Pelaksanaan uji coba diperluas dilakukan pada enam institusi pasangan melalui dua tahapan. Hasil validasi aplikasi Si-Monev keefektifan dan kepraktisan dari pertimbangan ahli/praktisi menunjukkan bahwa Si-Monev memenuhi kriteria valid praktis dan efektif sehingga tepat digunakan untuk aplikasi pelaksanaan monev prakerin. Uji coba aplikasi Si-Monev secara perorangan kelompok kecil dan uji coba diperluas. Pada presensi SMS Gateway dan on-line teleconference menunjukkan hasil yang konsisten demikian pula pada pengamatan kegiatan pembelajaran praktik yang dilakukan siswa maupun instruktur yang memperlihatkan peningkatan yang semakin baik sehingga dapat disimpulkan bahwa Si-Monev berbantuan IT memenuhi kriteria sesuai yang dibutuhkan pada pembelajaran berbasis kerja. Saran bagi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur agar turut mendukung sosialisasi dan pelatihan tentang Si-Monev berbantuan IT ini dengan memberi ruang dan waktu bagi peneliti pada acara-acara kedinasan yang berkaitan dengan SMK. Bagi penyelenggara prakerin hasil monev yang dapat disimpan dalam bentuk arsip soft-file memudahkan pihak sekolah untuk melakukan uji petik keterlaksanaan program prakerin sekolah sekaligus dapat digunakan sebagai bahan pembanding untuk menilai keberhasilan program prakerin per periode. Saran diseminasi dukungan dari pihak sekolah diperlukan peneliti/ pengembang dalam rangka sosialisasi pelatihan Si-Monev sebagai perangkat monev yang mudah dan memiliki mobilitas yang tinggi dengan tujuan agar dapat diketahui perolehan atau penetapan hasil akhir peserta prakerin yang objektif dan akuntabel. Si-Monev berbantuan IT yang dihasilkan ini masih terbatas pada bidang pemesinan maka untuk mengetahui keefektifan Si-Monev berbantuan IT ini disarankan untuk mengimplementasikannya pada bidang (kompetensi keahlian) yang lain.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64852

Actions (login required)

View Item View Item