Yoto (2015) Partisipasi masyarakat industri dalam peningkatan mutu pendidikan di SMK (studi multikasus pada SMKN 1 Singosari Malang, SMKN 3 Tulungagung, dan SMKN 1 Sidoarjo) / Yoto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yoto 2015. Partisipasi Masyarakat Industri dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (Studi multikasus pada SMKN 1 Singo-sari Malang SMKN 3 Tulungagung dan SMKN 1 Sidoarjo). Disertasi Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ir. H. Djoko Kustono M.Pd. (II) Dr. Muladi S.T. M.T. (III) Prof. Ir. ING. Wardana M.Eng. Ph.D. Kata kunci partisipasi masyarakat industri mutu pendidikan SMK SMKN 1 Singosari Malang SMKN 3 Tulungagung dan SMKN 1 Sido-arjo merupakan sekolah kejuruan yang sama-sama memiliki status akreditasi peringkat A dan bersertifikat SistemManajemenMutu ISO9001 2008 serta masuk pada kategori sekolah unggulan di Jawa Timur. Ketiganya merupakan sekolah kejuruan tertua dan pertama di Kabupaten. Fasilitas praktik untuk bidang keahlian teknik mesin tergolong lengkap sehingga mutu lulusannya banyak dicari oleh industri. Penguasaan akan keterampilan vokasional bagi siswa dan/atau lulusan SMK merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi karena pada kenyata-annya bahwa masih banyak lulusan SMK yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi dan tidak masuk ke pasar kerja. Penelitian ini bermaksud untuk mengung-kap secara lebih mendalam tentang partisipasi masyarakat industri dalam mening-katkan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan yakni partisipasimasyarakat industri dalam perencanaanpendidikan partisipasi masyarakat indus-tri dalam pelaksanaan pendidikan partisipasi masyarakat industri dalam peman-faatan hasil pendidikan dan partisipasi masyarakat industri dalam evaluasi pen-didikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam observasi dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi member chek dan konfirmabilitas. Data yang terkumpul diorganisir ditafsir dan dianalisis secara berulang-ulang baik melalui analisis kasus tunggal maupun analisis lintas kasus guna menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama perencanaan pendidikan dilaksanakan melalui rapat diskusi dan sumbangan pemikiran dengan melibatkan partisipasi masyarakat industri. Kegiatan tersebut di SMK telah dilaksanakan dengan baik guna memenuhi harapan masyarakat industri maupun peningkatan mutu lulusannya. Penyusunan kurikulum melibatkan masyarakat industri agar terjadi link and match dan diikuti komitmen oleh kedua belah pihak yakni SMK dan industri dengan diikat perjanjian kerja sama yang saling menguntungkan. Kedua partisipasi masyarakat industri dalam pelaksanaan pendidikan dilakukan melalui keterlibatan industri dalam pembelajaran di sekolah yaitu dengan program guru tamu guru kehormatan dan dengan membentuk kelas kerja sama (kooperatif). Selain itu dilakukan dengan penyelenggaraan Prakerin yang dilaksanakan oleh siswa SMK di industri selama 3 bulan. Prakerin diawali dengan proses perencanaan pelaksanaan bimbingan dan pendampingan peserta didik selama di industri penilaian dan pemberian sertifikat. Prakerin memberikan dampak positif terhadap rasa percaya diri siswa dalam menghadapi persaingan dalam dunia kerja meningkatkan mutu pendidikan di SMK dan mampu mem-berikan nilai tambah bagi industri sekolah dan peserta didik. Ketiga partisipasi masyarakat industri dalam pemanfaatan hasil pen-didikan dikelompokkan menjadi tiga yakni partisipasi masyarakat industri dalam rekrutmen tenaga kerja melalui BKK cara ini dapat meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat terhadap mutu pendidikan di SMK memberikan jaminan kepada tamatan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang keah-liannya partisipasi masyarakat industri dalam rekrutmen tenaga kerja melalui industri cara ini menunjukkan bentuk kepedulian dan kepercayaan masyarakat industri terhadap kualitas lulusan SMK memberikan dampak positif terhadap hu-bungan kerja sama antara SMK dan industri sehingga kondisi ini harus diperta-hankan dan dikembangkan agar tamatan mendapatkan peluang yang lebih luas untuk mendapatkan lapangan kerja partisipasi masyarakat industri dalam rekrut-men tenaga kerja melalui prakerin cara inimemberikan dampak yang positip terhadap pelaksanaan pembelajaran di industri. Rekrutmen melalui Prakerin memberikan motivasi kepada siswa untuk melaksanakan Prakerin dengan sebaik-baiknya yang didasari dengan penuh rasa tanggung jawab disiplin jujur dan mandiri.Rekrutmen tenaga kerja melalui prakerin menunjukkan kontribusi dan kepedulian yang cukup besar bagi industri terhadap pelaksanaan pendidikan di SMK. Kempat partisipasi masyarakat industri dalam evaluasi mutu pendidikan terkait dengan pelaksanaan ujian (UAS UK US UN) di SMKbelum nampak adanya partisipasi yang signifikan baik dalam kepanitiaan maupun pelaksa-naan.Kegiatan uji kompetensi keahlian (UKK) teori industri belum pernah ter-libat namun untuk UKK praktik industri terlibat penuh mulai dari pemilihan paket soal dari BSNP menelaah serta merevisi soal melakukan pengawasan penilaian penetapan lulusan sampai kepada penandatanganan sertifikat UKK. Saran-saran disampaikan kepada Kepala sekolah diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat industri dalam peningkatan mutu pendidikan di SMK melalui pelibatan industri dalam rapat diskusi dan sumbangan pemikiran terhadap perencanaan program pendidikan di SMK penyusunan sinkronisasi kurikulum program guru tamu dan guru kehormatan evaluasi pendidikan baik yang bersifat teori maupun praktik Kepada guru/pembimbing Prakerindiharap-kan dapat meningkatkan dan mengembangkan pelaksanaan program pembim-bingan Prakerin Kepada masyarakat industrihasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam membantu mening-katkan mutu pendidikan di SMK Kepada peneliti berikutnya hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan referensi dan kajian untuk penelitian sejenis yang lebih luas dan mendalam Kepada pengembangan ilmu pengeta-huan pendidikan kejuruan hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan kajian perbandingan tentang teori partisipasi masyarakat industri dalam peningkatan mutu pendidikan di SMK Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan hasil pene-litian ini diharapkan dapat dijadikan masukan dalam mengambil langkah-langkah kebijakan dalam peningkatan mutu pendidikan di SMK.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64850 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |