Pengaruh komunikasi antar pengusaha pelanggan , pembelajaran wirausaha, dan sikap kewirausaha terhadap kinerja usaha kecil / Muhammad Rakib - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh komunikasi antar pengusaha pelanggan , pembelajaran wirausaha, dan sikap kewirausaha terhadap kinerja usaha kecil / Muhammad Rakib

Muhammad (2009) Pengaruh komunikasi antar pengusaha pelanggan , pembelajaran wirausaha, dan sikap kewirausaha terhadap kinerja usaha kecil / Muhammad Rakib. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Usaha Kecil Mebel Kayu merupakan salah satu mata pencaharian masyarakat di Kota Parepare yang mengalami berbagai kendala dalam mempertahankan keberlanjutannya sebagaimana usaha kecil lainnya. Pemerintah Kota Parepare telah berusaha meningkatan kinerja usaha kecil mebel kayu melalui program pemberdayaan usaha kecil dan menengah melalui program bantuan dana bergulir pendidikan dan pelatihan dan membangun pasar mebel kayu namun hasilnya belum menunjukkan peningkatan kinerja usaha yang signifikan. Beberapa masalah umum yang dijumpai di lapangan yaitu sikap pemilik usaha dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dan kualitas produk masih rendah sehingga menimbulkan ketidakpuasan para pelanggan (pembeli) terhadap kinerja usaha kecil mebel kayu. Penyebab dari kendala semacam ini diduga kuat karena lemahnya karakter jiwa kewirausahaan yang dimiliki para pemilik usaha dan belum kokohnya peran manajerial para pemilik usaha kecil mebel dalam mengelola usahanya pada lingkungan yang sedang berubah. Mengacu pada berbagai fenomena di atas pertanyaan yang muncul adalah apakah komunikasi antar pengusaha pelanggan pembelajaran wirausaha dan sikap kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja usaha kecil mebel kayu di Kota Parepare. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 140 pemilik usaha kecil mebel kayu di Kota Parepare dengan menggunakan kuesioner observasi wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan komunikasi antar pengusaha pelanggan pembelajaran wirausaha dan sikap kewirausahaan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja usaha kecil. Peningkatan kinerja usaha kecil para pemilik usaha dipengaruhi oleh faktor (1) kemampuannya dalam berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan dengan menunjukkan perilaku seperti keterbukaan empathy perilaku mendukung perilaku positif dan kesamaan (2) pembelajaran wirausaha yang dimiliki oleh para pemilik usaha kecil melalui pendidikan dan latihan kewirausahaan pengalaman dalam mengelola usaha dan mentoring dari orangtua sebagai pewaris usaha dan atau mantan majikan pada saat magang sebelum mendirikan usaha sendiri sangat mempengaruhi peningkatan kinerja usahanya dan (3) sikap kewirausahaan meliputi disiplin yang tinggi komitmen tinggi jujur dalam bertindak dan bersikap berani mengambil resiko proaktif dan pandai bergaul dan kontribusi yang diberikan dari variabel tersebut terhadap kinerja usaha kecil memberikan signifikansi yang nyata. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada (1) Pemerintah Daerah hendaknya dalam pembinaan usaha kecil dilakukan dengan pengembangan sumberdaya manusia sehingga memperoleh wirausaha yang berkualitas (2) Pemilik Usaha Kecil (Pengusaha Kecil) agar membekali dirinya dengan teknik berkomunikasi secara efektif meningkatkan kualitas produknya melalui pembelajaran wirausaha (pendidikan dan pelatihan pengalaman dan mentoring) dan mengembangkan sikap kewirausahaan pada dirinya seperti memiliki kedisiplinan yang tinggi komitmen tinggi jujur dalam bertindak dan bersikap kreatif dan inovatif berani mengambil resiko proaktif dan pandai bergaul (3) Instruktur Pelatihan/Pembuat Kurikulum Pendidikan agar pendidikan ekonomi memiliki misi melaksanakan pendidikan kewirausahaan maka sudah selayaknya mengalami perubahan atau penyesuaian seperti pengembangan strategi pembelajaran dengan studi kasus bagi pendidikan nonformal (diklat) mengembangkan materi kewirausahaan khususnya di pendidikan formal (sekolah) baik pendidikan dasar menengah maupun perguruan tinggi dan (4) Peneliti perlu mengkaji faktor internal lainnya yang mempengaruhi kinerja usaha kecil seperti motivasi dan kompetensi dan indikator-indikator yang lain dalam mengukur variabel penelitian ini yaitu efektivitas komunikasi (misalnya faktor komunikator pesan saluran dan komunikan) pembelajaran wirausaha (misalnya strategi pembelajaran materi pembelajaran dan tenaga pendidik/instruktur pelatihan) dan sikap kewirausahaan (misalnya kemandirian kerja keras dan keyakinan diri) serta kinerja usaha kecil (misalnya proses bisnis internal dan akumulasi modal) mengembangkan dengan pendekatan kuantitatif dan mengkaji usaha kecil lainnya (selain usaha kecil mebel kayu) atau usaha kecil secara luas.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64845

Actions (login required)

View Item View Item