Analisis teks sastra dalam buku siswa kelas IV SD semester 1 berdasarkan kriteria SMOG dan PIRLS / Kamaliatullailia - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis teks sastra dalam buku siswa kelas IV SD semester 1 berdasarkan kriteria SMOG dan PIRLS / Kamaliatullailia

Kamaliatullailia (2017) Analisis teks sastra dalam buku siswa kelas IV SD semester 1 berdasarkan kriteria SMOG dan PIRLS / Kamaliatullailia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lailia Kamaliatul. 2017. Analisis Teks Sastra dalam Buku Siswa kelas IV SD Semester 1 Berdasarkan kriteria SMOG dan PIRLS. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. (II) Drs. Toha Mashudi S.Pd. M.Pd Kata kunci Teks Sastra Keterbacaan SMOG PIRLS Teks sastra merupakan teks yang terdapat dalam buku siswa kelas IV SD Semester 1 yang memiliki unsur bersifat khayal atau imajinatif menggunakan bahasa sastra menggunakan pilihan kata kalimat dan gaya bahasa secara bebas serta bermakna konotatif dan menimbulkan kesan yang indah. Penelitian ini difokuskan tingkat keterbacaan pada teks sastra berdasarkan usia siswa dan tingkat penyusunan pertanyaan yang terdapat dalam teks sastra. Penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif deskriptif meneliti dengan cara mengamati dan mencermati teks sastra yang terdapat dalam buku siswa kelas IV SD semester 1. Penelitian ini mengahasilkan data yang dipaparkan dalam tabel kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian yang diperoleh yakni 1 teks sastra yang tingkat keterbacaannya sesuai dengan keterbacaan SMOG teks sastra tersebut untuk usia 10 tahun. Teks sastra diambil dari buku siswa kelas IV SD Semester 1. Dalam buku siswa sebenarnya ada 16 teks sastra akan tetapi yang sesuai hanya 1 teks sastra. Pada analisis tingkat penyusunan pertanyaan terdapat 2 teks sastra yang sesuai PIRLS selebihnya belum mencakup semua tingkat pada penyusunan pertanyaan berdasarkan PIRLS. Saran penelitian ini tertuju bagi (1) penyusun siswa ataupun buku teks untuk siswa kelas IV SD Semester 1 dan semester selanjutnya hendaknya penyusun buku menulis teks yang tingkat keterbacaan suatu teks sastra memperhatikan SMOG dan cara penyusunan tingkat pertanyaaanya lebih memperhatikan PIRLS. Sehingga ada perbaikan dalam penyusunan buku. (2) bagi Guru dalam menyusun rencana pembelajaran yang ada kaitannya dengan teks bacaan khususnya teks sastra harus memperhatikan tingkat keterbacaan dan tingkat penyusunan pertanyaan yang sesuai dengan teks tersebut. (3) peneliti selanjutnyaBagi peneliti selanjutnya bisa dilakukan penelitian untuk kelas I II III dan V. untuk dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan yang terdapat dalam buku siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6484

Actions (login required)

View Item View Item