Sintya, Yuke Rindayu (2017) Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran aksara Jawa kelas IV SDN Sawojajar 5 Kota Malang / Yuke Rindayu Sintya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sintya Yuke Rindayu. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Aksara Jawa Kelas IV di SDN Sawojajar 5 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Rumidjan M.Pd. (II) Drs. Sumanto M.Pd. Kata Kunci Multimedia Interaktif Pembelajaran Aksara Jawa Sekolah Dasar. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan di SDN Sawojajar 5 Kota Malang dibutuhkan media untuk pembelajaran aksara Jawa. Siswa mengalami kesulitan dalam membaca maupun menulis aksara Jawa dalam bentuk kata maupun kalimat. Penggunaan media yang tepat merupakan suatu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu bentuk inovasi yang dapat dilakukan yaitu dengan memanfaatkan multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk dalam bentuk multimedia interaktif pada pembelajaran aksara Jawa kelas IV SDN Sawojajar 5 Kota Malang yang telah ditinjau atau dievaluasi oleh ahli media ahli materi dan pengguna serta menghasilkan produk dalam bentuk multimedia interaktif yang efektif ditinjau dari hasil pre-test dan post-test. Penelitian dan pengembangan ini mengacu kepada model prosedural yang diadaptasi dari model pengembangan Dick and Carey.Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara tidak terstrukur dan angket. Berdasarkan hasil evaluasi formatif dari ahli media didapatkan presentase 93 2% pada aspek (1) Kelengkapan tampilan sound dan keamanan media (2) kelengkapan dan tampilan buku petunjuk (3) kelengkapan dan tampilan sampul (4) kelengkapan dan tampilan label. Ahli materi didapatkan presentase 95% pada aspek kesesuaian bahasa keterkaitan isi ketepatan materi tingkat kebenaran kesesuaian materi kesesuaian ilustrasi keseimbangan soal evaluasi sistematika penyajian kelengkapan dan kesesuaian RPP. Kepada guru didapatkan presentase 90% pada aspek kesesuaian produk tampilan kemampuan media kepraktisan media kejelasan buku petunjuk. Kepada siswa pada saat uji coba perseorangan didapatkan presentase 91 6% dan uji coba lapangan dengan presentase 94 9% pada aspek tampilan dan teknis materi soal evaluasi dan buku petunjuk penggunaan. Besar presentase yang didapatkan pada ahli media ahli materi dan pengguna dapat diklasifikasikan dalam kategori sangat layak dan dapat digunakan tanpa perbaikan namun masih terdapat kekurangan sehingga perlu adanya perbaikan kecil. Multimedia interaktif merupakan media yang efektif dapat dilihat dari peningkatan nilai hasil pre-test dan post-test sebelum dan setelah menggunakan produk multimedia interaktif sebagai media pembelajaran. Disarankan kepada pengembang lainnya untuk dapat membuat produk multimedia interaktif pembelajaran bahasa Jawa pada materi lain contohnya tembang dolanan dan imbuhan pada kata atau materi lain yang sesuai dengan kurikulum bahasa Jawa di kelas IV. ABSTRACT Sintya Yuke Rindayu. 2017. Development of Interactive Multimedia in Javanese Script learning for 4th Grade at SDN Sawojajar 5 Malang city. Bachelor theses Prodi S1 - Education Primary School Teachers Majoring in Basic Education and Preschool Education Science Faculty of the State University of Malang. Mentor (I) Drs. Rumidjan M.Pd. (II) Drs. Sumanto M.Pd. Key Words Interactive Multimedia Javanese Script Learning Elementary School. Based on the need analysis done in SDN Sawojajar 5 Malang city needed for media Javanese script learning. The students have difficulty in reading and writing in the form word or sentences of a Javanese script. The use of the proper media is an alternative to overcome the problems. One form of innovation that can be done is to take advantage of the interactive multimedia. This research aims to produce products in the form of Interactive Multimedia in Javanese Script learning for 4th Grade at SDN Sawojajar 5 Malang that have been reviewed or evaluated by experts in the media material experts and users and produces products in the form of an effective interactive multimedia reviewed the results of the pre-test and post-test. Research and development refer to the procedural model that was adapted from the model of the development of Dick and Carrey.The instrument used in the collection of data is unstructured interview and questionnaires. Based on the results of the formative evaluation of the media experts obtained precentage 93 2% on aspects (1) Completeness Display sound and security media (2) completeness and a view of the manual (3) completeness and a view of the album (4) completeness and a view of the CD label. Experts matter obtained precentage 95% on aspects of the suitability of the language style for children the relevance of the contents of the material accuracy the level of truth the suitability of the matter fitness illustrations balance evaluation questions systemic presentation completeness and suitability of the lesson plan. To teachers obtained precentage 90% on aspects of the suitability of the product view media capabilities simplicity media The clarity of the instruction book. To students at the time of the trial an individual obtained precentage 91 6% and field trials with the precentage 94 9% on display and technical aspects materials evaluation questions and instructions for use. Large precentage obtained on media experts experts materials and users can be classified in the category of very worthy and can be used without the improvement but there is still a lack of so that there needs to be a small improvement. Interactive Multimedia is an effective media can be seen from the increase in the value of the results of the pre-test and post-test before and after using the interactive multimedia product as learning media. It is recommended to other developers to be able to create an interactive multimedia product Java language lessons on the other materials for example tembang dolanan and syncopated on words or other materials in accordance with the curriculum in Javanese language in Grade IV.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6483 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |