Dinamika kehidupan komunitas Pedagang Kaki Lima (PKL) di lingkungan wisata religi dalam perspektif ekonomi lokal / Masruchan

Masruchan (2018) Dinamika kehidupan komunitas Pedagang Kaki Lima (PKL) di lingkungan wisata religi dalam perspektif ekonomi lokal / Masruchan. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masruchan, 2017. Dinamika Kehidupan Komunitas Pedagang Kaki Lima (PKL) di Lingkungan Wisata Religi Dalam Perspektif Ekonomi Lokal. Kajian tentang upaya peningkatan pendapatan keluarga komunitas Pedagang Kaki Lima Wisata Religi Gus Dur Tebuireng Jombang. Disertasi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang. Promotor Prof. Dr. Wahjoedi, ME., Ko-Promotor (I) Prof. Dr. J.G. Nirbito, M.Pd.,Ko-Promotor (II) Dr. Mit Witjaksono, MS.Ed. Kata kunci :Dinamika, Ekonomi Keluarga, Sektor Informal Dalam penelitian ini mengkaji tentang kehidupan komunitas sektor informalWisata Religi Gus Dur (WRGD), dengan berbagai dinamikanya untuk menuju kehidupan yang sejahtera dari sisi ekonomi. Namun disisi lain komunitas tersebut tidak banyak berharap atas pekerjaan yang bertahun-tahun digelutinya walau sampai pada detik ini kehidupan mereka juga masih pas-pasan. Namun di sisi yang lain banyak para komunitas yang berharap dari kehidupannya tersebut dan mampu mensejahteraan kehidupan keluarganya, bahkan sampai mampu menyenyelsaikan pendidikan putra-putrinya sampai jenjang pendidikan Sarjana. Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin melihat profil serta dinamika kehidupan ekonomi komunitas sektor informal pedagang kaki lima situs Gus Dur. Penelitian ini dilaksanakan di desa Cukir Dusun TebuirengKecamatan Diwek Kabupaten Jombang, dengan fokus melaksanakan aktifitas sirkulasi perdagangan secara rutinitas dan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara sera dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) upaya konkrit peningkatkan pendapatan para komunitas sektor informal dengan melibatkan, keluarga dan masyarakat sekitar dengan memanfaatkan potensi lingkungan yang ada, (2) proses dinamika yang dilakukan oleh komunitas sektor informaldalam meningkatkan pendapatan keluarganya (3) harapan yang tinggitingkat keberhasilan dan kesejahteraan yang dilakukan oleh para komunitas sektor informal.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64828

Actions (login required)

View Item View Item