Pengembangan mata kuliah akuntansi lingkungan berbasis corporate social responsibility / Parawiyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mata kuliah akuntansi lingkungan berbasis corporate social responsibility / Parawiyati

Parawiyati (2017) Pengembangan mata kuliah akuntansi lingkungan berbasis corporate social responsibility / Parawiyati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Parawiyati 2017 Pengembangan Mata kuliah Akuntansi Lingkungan Berbasis Corporate Social Responsibility Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika Rudijanto W.W. M.A. M.Si. (II) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si. (III) Dr. Hari Wahyono M.Pd. Kata kunci Mata kuliah Akuntansi Lingkungan Corporate Social Responsibility atau Social Responsibility Accounting Perangkat Pembelajaran Buku Ajar Akuntansi Lingkungan dan Tanggungjawabsosial Kesadaran terhadap tanggungjawab sosial dan lingkungan bagi korporasi telah meningkat. Oleh karena itu lulusan akuntansi menjadi penting untuk memperoleh pengetahuan akuntansi lingkungan. Dalam kajian mata kuliah akuntansi lingkungan mahasiswa mempelajari sejauh mana informasi pengungkapan dampak kegiatan CSR sebagai wujud accounting treatment korporasi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu 1). Menganalisis kebutuhan pengembangan mata kuliah akuntansi lingkungan berbasis CSR. 2). Mengembangkan dan mengevaluasi kelayakan perangkat pembelajaran dan buku ajar mata kuliah akuntansi lingkungan. 3). Mengetahui efektivitas pada tingkat keberterimaan perangkat pembelajaran dan buku ajar. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa mata kuliah akuntansi lingkungan adalah penting berdasarkan pengujian persepsi akademisi dan praktisi terhadap akuntansi pertanggungjawaban sosial. Visi misi dan profil lulusan sejumlah 30 Program studi akuntansi perguruan tinggi swasta yang menjadi sampel berdasarkan analisis isi menunjukkan 86% mengandung isi keberlanjutan. Artinya program studi ini mempunyai peluang menawarkan mata kuliah akuntansi lingkungan sebagai penciri untuk meningkatkan capaian pembelajaran lulusan sarjana akuntansi. Pilihan metode pembelajaran dalam pengajaran mata kuliah akuntansi lingkungan didorong untuk meningkatkan peran dosen dan peran mahasiswa. Untuk pengembangan produk penelitian dan pengembangan ini cakupan materi dalam buku ajar berdasarkan analisis deskriptif atas penelitian persepsi akademisi dan praktisi terhadap pengetahuan akuntansi pertanggungjawaban sosial. Hasil analisis menunjukkan semua aspek pada dimensi ekonomi sosial dan lingkungan adalah signifikan sebagai materi dalam silabus dan rencana pembelajaran. Hasil analisis efektivitas perangkat pembelajaran dengan hasil Baik sebesar 87% dan buku ajar menunjukkan hasil penilaian Sangat Layak oleh Pakar Pendidikan dan hasil penilaian Layak oleh Pakar Akuntan Pendidik. Evaluasi pengetahuan materi akuntansi lingkungan menunjukkan jawaban benar sebesar 77 65%. Hasil evaluasi kelayakan Buku Ajar Akuntansi Lingkungan dan Tanggungjawab Sosial menunjukkan bahwa hasil penilaian pakar pendidikan dan pakar akuntansi menyatakan Sangat Layak dan pakar akuntan pendidik menyatakan Layak serta Mahasiswa juga menyatakan Layak. ABSTRACT Awareness of social and environmental responsibility for corporations has increased. Therefore accounting graduates become important to gain knowledge of environmental accounting. In the study of environmental accounting courses students study the extent of information disclosure impact of CSR activities as a form of corporate accounting treatment. The purpose of this research and development first analyze the development needs of CSR-based environmental accounting courses. Second develop and evaluate the feasibility of learning tools and textbooks of environmental accounting courses. Finally find out the effectiveness at the level of acceptance of learning devices and textbooks. The results of requirement analysis show that the environmental accounting courses are important based on the examination of academicians and practitioners perceptions of social responsibility accounting. Vision mission and graduate profile of 30 accounting courses from private universities sampled based on content analysis showed that 86% contain sustainability content. This means that this course has the opportunity to offer environmental accounting courses as a founder to improve the achievement of graduate study of accounting graduate. The choice of teaching methods in teaching environmental accounting courses is encouraged to improve the role of lecturers and the role of students. For the development of this research and development product the scope of the material discussed in the textbook is based on descriptive analysis of perceptual research of academics and practitioners of accounting knowledge of social responsibility. The results of the analysis show that all aspects of the economic social and environmental dimensions are significant as the material also presented in the syllabus and lesson plan. Result of effectiveness analysis of learning device and textbook showed good assessment result Very Eligible (87%) from Education Experts and Eligible from Education Accountant Experts. The evaluation on student to knowledge of environmental accounting show correct answer equal to 77 65%. The results of the evaluation of the feasibility of the Environmental Accounting and Social Responsibility Books show that the results of the assessment of Eeducation experts and accounting experts stated Very Eligible and expert accountants said Decent and Eligible Students also declared worthy. Keywords Research and Development of Subjects Environmental Accounting Corporate Social Responsibility or Social Responsibility Accounting Learning Tool Textbook of Accounting Environmental and Social Responsibility

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64822

Actions (login required)

View Item View Item