Pengembangan program pendidikan kewirausahaan terpadu berorientasi ekonomi kerakyatan pada mahasiswa Universitas Hamzanwadi Selong Kabupaten Lombok Timur / Muhamad Ali - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan program pendidikan kewirausahaan terpadu berorientasi ekonomi kerakyatan pada mahasiswa Universitas Hamzanwadi Selong Kabupaten Lombok Timur / Muhamad Ali

Ali, Muhamad (2017) Pengembangan program pendidikan kewirausahaan terpadu berorientasi ekonomi kerakyatan pada mahasiswa Universitas Hamzanwadi Selong Kabupaten Lombok Timur / Muhamad Ali. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muhamad Ali (2017) Pengembangan Program Pendidikan Kewirausahaan Terpadu Berorientasi Ekonomi Kerakyatan Pada Universitas Hamzanwadi Selong Kabupaten Lombok Timur. Disertasi Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. M.Pd Dr. Hari Wahyono M.Pd dan Dr. Mit Witjaksono M.S.Ed. Kata Kunci Pengembangan Program Pendidikan Kewirausahaan Mahasiswa Terpadu Ekonomi Kerakyatan Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan potret permasalahan dan kebutuhan untuk model program pendidikan kewirausahaan mahasiswa terpadu berbasis ekonomi kerakyatan pada Universitas Hamzanwadi Selong Kabupaten Lombok Timur (2) Mendesain program pendidikan kewirausahaan mahasiswa terpadu berbasis ekonomi kerakyatan pada Universitas Hamzanwadi Selong Kabupaten Lombok Timur (3) Mengukur efektivitas hasil Pengembangan Program Pendidikan Kewirausahaan Terpadu Berorientasi Ekonomi Kerakyatan di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Hamzanwadi Selong sebagai sampel. Metode yang digunakan dalam Penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan Design Based Research (DBR) Model 4-fase Reeves (2006). Dan Heerington (2007). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Studi pendahuluan yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan survey observasi wawancara dan FGD untuk Identifikasi masalah dan analisis kebutuhan (2) Menyusun produk secara konseptual yang dilakukan secara partisifatif bersama tim kolaborasi (3) Uji coba rancangan produk yang meliputi uji validasi ahli uji coba terbatas pada kelompok kecil dan uji coba lapangan (4) Evaluasi produk pengembangan secara keseluruhan terhadap serangkain hasil uji coba yang sudah dilakukan untuk mendapatkan tanggapan masukan dan catatan akhir sebagai dasar untuk melakukan revisi akhir terhadap produk hasil pembengmabangan. Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah mahasiswa Progra Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Hamzanwadi Selong Semester V (lima) kelas VC berjumlah 37 orang. Proses penentapan subjek uji coba dilakukan berdasarkan hasil tes potensi diri yang diberikan kepada semua kelas kemudian kelas dengan perolehan prosentase nilai paling tinggi selanjutnya ditetapkan sebagai kelas subjek uji coba. Luaran dari penelitian dan pengembangan ini adalah produk empirik berupa model program pendidikan kewirausahaan mahasiswa terpadu berbasis ekonomi kerakyatan yang berbentuk perangkat pembelajaran yang teridiri atas (1) Bahan Ajar Kewirausahaan Mahasiswa Terpadu Berbasis Ekonomi Kerakyatan (2) Modul Diklat Kewirausahaan Mahasiswa Terpadu Berbasis Ekonomi Kerakyatan (3) Pedoman Pelaksanaan Program Pendidikan Kewirausahaan Mahasiswa Terpadu Berbasis Ekonomi Kerakyatan. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan temuan-temuan sebgai berikut (1) pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Hamzanwadi Selong diukur menggunakan pendekatan Fishbone diagram Koaoro Iskikawa berdasarkan lima (5) aspek menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan masih belum optimal. Hal ini terlihat dari ketersediaan bahan dan perangkat pembelajaran yang bersumber dari sumber-sumber konvensional seperti dosen power point dan buku refrensi yang terdapat dalam perpustakaan belum mencerminkan kebutuhan mahasiswa belum ada pengembangan bahan ajar yang dilakukan sesuai sesuai dengan kebutuhan dan dijadikan sebagai rujukan dalam pembelajaran kewirausahaan. Dari sisi prosedur pelaksanaan pembelajaran juga secara umum masih menggunakan pendekatan konvensional dimana pembelajaran lebih banyak terpusat pada dosen sementara keterlibatan mahasiswa juga masih sangat kecil pembelajaran dilakuakn secara parsial antara pembelajaran mata kuliah dengan program pembelajaran kewirausahaan yang dilakukan diluar kelas tidak ada keterpaduan dan saling tumpang tindih antara pembelajaran kewirausahaan dengan proram kegiatan kewirausahan lainnya. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan pembelajaran juga masih terbatas pada tes tulis yang dilakukan melalui kuis UTS dan UAS. Ketersediaan dosen dan mahasiswa belum bisa dimanfaatkan secara maksimal karena keterbatasan daya dukung lembaga dan alokasi waktu yang tersedia dan minimknya komitmen lembaga dalam pengembangan dan peningkatan kompetensi lulusan. Keterbatasan sarana dan daya dukung lingkungan masih belum dimanfaatkan secara maksimal. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa perlu ada desain model formulasi program pendidikan kewirausahaan yang dilaksanakan serara terintegrasi baik dengan pembelajaran yang dilakukan melalui mata kuliah dan pembelajaran yang dilakukan diluar atau melalui program. Dan berdasarkan hasil angket selain mata kuliah program pendidikan kewirausahaan prioritas yang perlu dikembangkan adalah program diklat kewirausahaan program magang kerja usaha program entrepreneurship day program seminar kewirausahaan dan program kuliah kunjungan lapangan. (2) Desain program yang dikembangkan terdiri atas 3 komponen utama yaitu tujuan pembelajaran prosedur pembelajaran dan penilaian. (3) Hasil uji validasi ahli terhadap produk hasil pengembangan secara keseluruhan menunjukkan produk hasil pengembangan masuk kategori sangat baik. Hasil uji coba terbatas pada kelompok kecil terhadap menujukkan secara keseluruhan produk hasil pengembangan masuk kategori sangat baik dan. Hasil Uji coba lapangan menujukkan bahwa produk hasil pengembangan secara keseluruhan masuk kategori baik. Hasil penelitian dan pengembangan mengindikasikan bahwa program pendidikan kewirausahaan terpadu berorientasi ekonomi kerakyatan efektik dalam meningkatkan minat dan kesadaran mahasiswa untuk berwirausaha membentuk sikap dan karakter mahasiswa dalam berwirausaha meningkatkan pengetahuan kewirausahaan dan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha. Selain itu dosen dan mahasiswa memberikan tanggapan yang positif dan sangat baik terhadap produk program pendidikan kewirausahaan yang dihasilkan dilihat dari aspek relevance reflection interaction tutor support peer support dan interpretation. ABSTRACT Muhamad Ali (2017) The Development of Integrated Democratic-Economy Based Entrepreneurship Education Program on University In East Lombok Regency. Dissertation of Economic Education Program Post Graduate Program State University of Malang. Advisors (1) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. M.Pd Dr. Hari Wahyono M.Pd dan Dr. Mit Witjaksono M.S.Ed. Key words Development program integrated entrepreneurship education Democratic economy The present study and development aim at (1) Describing the problems and needs of integrated entrepreneurship education program based on democratic economy on University in East Lombok (2) Designing integrated democratic-economy based entrepreneurship education program on university in East Lombok (3) Measuring the effectiveness of the result of the development of integrated democratic-economy based entrepreneurship education program Selong Hamzanwadi of University as samples. The present study employs Design Based Research (DBR) approach 4-Phases model Reeves (2006) and Heerington (2007). The stages of the present study and developmentare as follows (1) Preliminary study conducted by employing survey observation interview and FGD to identify the problems and need analysis (2) Preparing a conceptual product conducted by collaborated team (3) Product design trial consist of experts validation test small group trial field trial and (4) Evaluating overall product development on the series of trial in order to gain response input and end note as a foundation to conduct last revision on the development product. The subject of the study is the 37 junior students of class VC Economic Education program at Selong Hamzanwadi of University. The process of experimental subject setting is conducted based on potential test given to all students then the class with the highest score is determined to be the experimental class. The outcome of the present study and development is empirical product in the form of integrated democratic-economy based entrepreneurship education program which consist of the following instructional media (1) Teaching material of integrated democratic-economy based entrepreneurship education on University (2) Training module of integrated democratic-economy based entrepreneurship education on University (3) Operating procedures of integrated democratic-economy based entrepreneurship education on University. The result of the study and development indicates several findings (1) the implementation of entrepreneurial learning at economic education program STKIP Hamzanwadi Selong is not optimal yet it merely tends to meet the curriculum material and learning process are not in need and the entrepreneurial program is only partially conducted. The result of the need analysis indicates that it is required a formulated model design of entrepreneurship education program which is well-integrated both from the subject or extra program. According to the questionnaires it is required to develop the entrepreneurship training internship entrepreneurship day entrepreneurship seminar and visit lecture. (2) The developed program design consist of 3 main components learning objective learning procedure and assessment. (3) The result of expert validation test indicates that the product is Excellent. The result of small group trial indicates that the product is excellent and the field trial result indicates that the product is good. The result of the study and development indicates that integrated democratic-economy based entrepreneurship education program is effective in improving students interest and awareness to entrepreneurial things creating entrepreneurial behavior and character improving entrepreneurial knowledge and skill. Besides the lecturers and students provide positive responses on the product of entrepreneurship education program it can be viewed on these aspects relevance reflection interaction tutor support peer support and interpretation.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64818

Actions (login required)

View Item View Item