Pengembangan modul pelatihan strategi pemasaran untuk meningkatkan kinerja UMKM di Tanggulangin Sidoarjo / Tri Sudarwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pelatihan strategi pemasaran untuk meningkatkan kinerja UMKM di Tanggulangin Sidoarjo / Tri Sudarwanto

Tri, Sudarwanto (2017) Pengembangan modul pelatihan strategi pemasaran untuk meningkatkan kinerja UMKM di Tanggulangin Sidoarjo / Tri Sudarwanto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tri Sudarwanto.2017.Pengembangan Modul Pelatihan Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Kinerja UMKM di Tanggulangin Sidoarjo. Disertasi Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Promotor Prof. Dr. F. Danardana Murwani MM Ko-Promotor (I) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed M.Si. Ko-Promotor (II) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata Kunci Pengembangan Modul Pelatihan Strategi Pemasaran. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam masa krisis telah menunjukkan ketahannaya menghadapi gejolak ekonomi. Skala usaha tersebut mampu bertahan dan bahkan tumbuh dengan signifikan. UMKM dalam perekonomian Indonesia selama ini menunjukkan posisi strategisnya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang ditandai dengan (1) Kedudukannya sebagai pemain utama dalam kegiatan ekonomi diberbagai sektor (2) Penyedia lapangan kerja terbesar (3) Pemain penting dalam pengembangan kegiatan ekonomi local dan pemberdayaan masyarakat (4) Pencipta pasar baru dan sumber inovasi serta (5) sumbangannya dalam menjaga neraca pembayaran melalui kegiatan ekspor. Modul pelatihan yang ada sekarang ini belum sepenuhnya menjangkau kebutuhan dan permasalahan UKM di Tanggulangin hal ini disebabkan banyak Modul pelatihan lebih banyak berdasarkan pesanan. Untuk menjawab permasalahan tersebut kami membuat Modul pelatihan berdasarkan permasalahan yang ada dalam bentuk modul pelatihan strategi pemasaran. Kegiatan pelatihan tergantung dalam melakukan strategi pemasaran produk Tanggulangin dengan kata lain mereka perlu mendapatkan pelatihan tentang strategi pemasaran yang akan memberikan dasar pengetahuan baru atau setidaknya meluruskan pemahaman dan persepsi yang kurang benar. Untuk maksud tersebut itulah disusun satu paket Modul pelatihan yang akan dipakai melatih pelaku UKM di Tanggulangin untuk meningkatkan strategi pemasaran. Penelitiandan pengembangan ini bertujuan untuk (1) menjelaskan permasalahan serta kebutuhan akan suatu Modul pelatihan strategi pemasaran (2) mengembangkan Modul pelatihan strategi pemasaran (3) mengetahui efisiensi dan efektivitas Modulpelatihan untuk strategi pemasaran pada UMKM di Sidoarjo. Untuk mencapai tujuan tersebut maka metode yang digunakan oleh peneliti yaitu Modelpenelitian dan pengembangan Four-D. Empat tahap pengembangan Model Four-D yaitu Define Design Develop dan Disseminate atau diadaptasikan menjadi Model 4-D Manfaat penelitian ini adalah menyediakan perangkat pembelajaran berupa modul yang sesuai dengan karakteristik Pelaku UMKM dan tuntutan kurikulum melalui pendekatan pembelajaran strategi pemasaran untuk meningkatkan hasil belajar khususnya materi strategi pemasaran. Memberikan sumbangan informasi dan wawasan mengenai strategi pemasaran bagi UMKM serta sebagai masukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pengembangan Modul pelatihan strategi pemasaran digunakan untuk meningkatkan volume penjualan di sentra industi UMKM di Tanggulangin Sidoarjo untuk mampu bersaing dengan competitor.Modul pelatihan strategi pemasaran dimulai dari identifikasi masalah yang meliputi observasi lapangan dan mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan UMKM selanjutnya merancang desain pembelajaran membuat produk uji coba terbatas dan mengembangkan produk Modul pelatihan berupa modul.Dalam proses pembelajaran dalam merancang modul strategi pemasaran pihak-pihak yang terlibat sudah memiliki kerjasama yang baik dalam merancang dan melaksanakan pelatihan strategi pemasaran. Hal ini ditunjukan dari beberapa hal antara lain (1) Tentor telah menerapkan pembelajaran sesuai dengan komponen Modul pembelajaran. (2) Pelaku UMKM sebagai subyek pebelajar mengikuti pelatihan berdasarkan metode pembelajaran yang diterapkan. (3) Pelaku UMKM ikut berperan serta memberikan kontribusi berupa pengalaman dan saran untuk kemajuan UMKM.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64815

Actions (login required)

View Item View Item