Pengembangan model pembelajaran kewirausahaan bagi wanita nelayan pesisir pantai selatan Kabupaten Malang / Alfiana Yuli Efiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran kewirausahaan bagi wanita nelayan pesisir pantai selatan Kabupaten Malang / Alfiana Yuli Efiyanti

Efiyanti, Alfiana Yuli (2017) Pengembangan model pembelajaran kewirausahaan bagi wanita nelayan pesisir pantai selatan Kabupaten Malang / Alfiana Yuli Efiyanti. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan Model PembelajaranKewirausahaanbagiWanitaNelayanPesisirPantai Selatan Kabupaten Malang Efiyanti AlfianaYuli (2016) Pengembangan Model PembelajaranKewirausahaanbagiWanitaNelayanPesisirPantai Selatan Kabupaten Malang Disertasi Program StudiPendidikanEkonomi Program Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) prof. Dr. J.G. Nirbito M.Pd (II) Prof. Dr. Wahjoedi M.E dan (III) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata kunci model pembelajaran kewirausahaan wanita nelayan Abstrak Biro Pusat Statistik (BPS)menunjukkan bahwa tingkat kemiskinan pada masyarakat nelayan Indonesia cukup tinggi yakni 7 87 juta orang atau 25 14% dari total pendudukmiskinnasional yang mencapai 31 02 juta orang padatahun 2014. Hal tersebut bertolak belakang dengan kondisi kekayaan alam laut Indonesia yang berlimpah.Namun fenomena menarik yang juga melatarbelakangi penelitian ini adalah kenyataan bahwa peran wanita nelayan di dalam menggerakkan roda perekonomian masyarakat nelayan cukup tinggimeskipunperanmerekabelumbanyakmendapatperhatian. Hal tersebutjugaterjadi di masyarakatnelayan di Kabupaten Malang termasuk di pesisirSendangBiru. Oleh karena itu di dalam penelitian danpengembanganini dikembangkan suatu model pembelajaran kewirausahaan bagi wanita nelayan di Kabupaten Malang. Tujuandaripenelitiandanpengembanganiniadalah (1)MengidentifikasipermasalahandanmenganalisiskebutuhanwanitanelayanpesisirSendangBiruKabupaten Malang (2) Mendesainkerangka model pembelajarankewirausahaanbagiwanitanelayan (3) Menyusun prototype model pembelajarankewirausahaanbagiwanitanelayan dan (4) Mengkajikelayakan model pembelajarankewirausahaanbagiwanitanelayanmelaluiserangkaianvalidasidanujicobadenganmelibatkantimahli fasilitatordanwargabelajar. Metode yang digunakandalampengembangan model mengacu pada pendekatan Design Based Research (DBR). Sedangkan uji coba dilakukan dengan menggunakan metode Action Research. Tahapanyang dilakukan di dalampenelitianiniadalah (1) Identifikasimasalah (2) Menetapkantujuan (3) Mendesaindanmengembangkanproduk (4) Melakukanujicobaproduk (5) Mengevaluasihasiujicobadan (5) Mengkomunikasikanproduk. Setelahmelaluitahapantersebut makapenelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk empirikberupa model pembelajarankewirausahaanbagiwanitanelayan yang tertuangkedalamperangkatpembelajaran (1) Silabus (2) Bukupanduanfasilitator (3) Bukupeganganwanitanelayan (4) Slide presentasi. Berdasarkan ujicoba danevaluasi yang telahdilakukan produk dinyatakan layak memilikikarakter yang khasyaknimudahdiaplikasikandanfleksibel. Untuk selanjutnya produk tersebut disarankanuntukdiimplementasikan pada masyarakat wanita nelayan di wilayah kabupaten Malang. Selainitudapat dimanfaatkan sebagai bahan referensi untuk mengembangkan pembelajaran yang ditujukan untuk wanita nelayan di seluruh Indonesia.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64813

Actions (login required)

View Item View Item