Pengembangan pembelajaran ekonomi berkarakter eco-culture dalam perspektif ekonomi Pancasila / Rahmatullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran ekonomi berkarakter eco-culture dalam perspektif ekonomi Pancasila / Rahmatullah

Rahmatullah (2016) Pengembangan pembelajaran ekonomi berkarakter eco-culture dalam perspektif ekonomi Pancasila / Rahmatullah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmatullah. 2016.PengembanganPembelajaranEkonomiBerkarakterEco-cultureDalamPerspektifEkonomiPancasila.Disertasi. Program StudiPendidikanEkonomi Pascasarjana UniversitasNegeriMalang.Pembimbing (1) Prof. Dr.Wahjoedi M.E. M.Pd. (2) Prof. Dr.AgusSuman S.E. DEA. (3) Dr.HariWahyono M.Pd. Kata Kunci Pembelajaranekonomi Karaktereco-culture Nilai-nilaiPancasila. Karaktereco-cultureataubudayapedulilingkunganberdasarkannilai-nilaiPancasila pentinguntukdiinteralisasikansebagaisalahsatuinovasidalampembelajaranekonomi khususnyapadasekolahmenengahatas.Hal inimerupakansalahsatuupayauntukmengatasikekuranganliteraturpembelajaranekonomi yang berwawasanlingkungandansesuaidenganjatidiribangsa. selainitu munculnyaparadigmaeco-cultureinididasariolehperilakuataukebiasaanekonomimanusia yang cenderungmenimbulkankerusakanataupencemaranlingkungansehinggaberakibatpadamunculnyaberbagaipermasalahanlingkungan sepertipemanasan global kepunahanberbagaispesiesdariekosistem pencemaranataupolusilingkungan dankerusakanlingkunganakibateksploitasi yang berlebihandariperilakuekonomimanusia.Perilakuataukebiasantersebutmerupakanwujuddaripengetahuandancaraberpikirdaripengalamanpendidikanmasalalu yang cenderungmengabaikankeberlanjutanekologi sosial maupunekonomi Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkanperangkatpembelajaranekonomiberkaraktereco-culturedalamperspektifekonomiPancasila yang meliputisilabus rencanapelaksanaanpembelajaran(RPP) materipembelajaran LKS danpenilaianhasilbelajar.ProsedurPengembangandilakukandenganmengacupadamodel pendekatansistemmenurut Dick Carey.Produk yang dikembangkandivalidasiolehahlidisain ahlimateri danpraktisikemudiandilakukanujicobapadasiswadenganmenggunakandesainPenelitianTindakanKelas (PTK). Nilai-nilaieco-culturedalamperspektifekonomiPancasilayang dikembangkandalampenelitianinimeliputi rasa syukur rasa memiliki jujur saling menghormati kasih sayang kepedulian sosial kebersamaan cintatanah air gotongroyong bertanggungjawab tidakmemaksakankehendak makmurberkeadilan kekeluargaan dankemandirian. Setelahprodukdikembangkanmakadilakukanujicobaataupenilaianoleh (1) Ahlidesainpembelajarandengankriteriapenilaiancukupbaik (2) Ahlimateripembelajarandengankriteriapenilaianbaik (3) Praktisi/Guru ekonomidengankriteriapenilaiansangatbaik (4) Tanggapandanhasilbelajarsiswadengankriteriapenilaiansangatbaik.Dengandemikian dapatdisimpulkanbahwaperangkatpembelajaranekonomiberkaraktereco-culturedalamperspektifekonomiPancasilalayakdanefektifuntukdiimplementasikansebagaisalahsatualternatifdalampembelajaranekonomi khususnya di sekolahmenengahatas. Berdasarkanhasilpenelitiandanpengembanganini makaperludisarankanhal-halsebagaiberikut (1) Siswadiharapkandapatmengaplikasikannilai-nilaipedulilingkungan yang sesuaidenganbudayabangsa melaluiperilakuekonomidalamkehidupansehari-hari (2) Guru dapatmenggunakanpaketpembelajaranekonomiberkaraktereco-culturedalamperspektifekonomipancasila sebagaisalahsatu alternative literature dalampembelajaranekonomi dandisesuaikandenganmateriekonomi yang diajarkandalam proses belajarmengajar. Hal terpentingadalahterbentuknyaketeladanansikapdanperilakuekonomi guru sehingadapat di tularkankhususnyakepadasiswadanmasyarakatpadaumumnya (3) Perludilakukansosialisasikepada guru ekonomi denganmelibatkanorganisasi guru sepertiAsosiasi Guru Ekonomi Indonesia (AGEI) danMusyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) ekonomi sertamelibatkanperguruantinggi yang memilikijurusanatau program studipendidikanekonomi. Sosialisasidapatdilakukandalambentukkegiatan seminar diskusiilmiah maupunpemutaran film tentangperlunyakelestarianlingkungan (4) Perlumengimplementasikankaraktereco-culturepadaanaksejakdinibaikmelaluipendidikan formal maupunpendidikan informal dengankonsepfamilyeco-culture.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64812

Actions (login required)

View Item View Item