Evaluasi pendidikan ekonomi di Sekolah Menengah Atas (SMA) / Purwaningrum Puji Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi pendidikan ekonomi di Sekolah Menengah Atas (SMA) / Purwaningrum Puji Lestari

Lestari, Purwaningrum Puji (2016) Evaluasi pendidikan ekonomi di Sekolah Menengah Atas (SMA) / Purwaningrum Puji Lestari. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puji Lestari Purwaningrum 2015. EvaluasiPendidikanEkonomi di SekolahMenengahAtas. Disertasi. Promotor I Prof. Dr. Erry Tri Djatmika RWW M.A. M.Si. Promotor II Prof. Dr. Agus Suman S.E. DEA. Promotor III Dr. Hari Wahyono M.Pd. Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Kata kunci PendidikanEkonomi Evaluasi Program Pendidikan Model CIPP Kualitaspendidikanekonomi di Indonesia untukjenjangpendidikanmenengahmasihmemprihatinkan. Masalahutamaterletakpadafaktorinputnya yang meliputi kurikulum guru siswadansaranaprasaranapendidikanekonomi. Permasalah juga terkaitdenganpraktekpendidikanekonomi di sekolahberstatusnegerimaupunswasta. Keduakelemahantersebutberdampakpadarendahnyakualitashasilbelajarpendidikanekonomi di SekolahMenengahAtas (SMA). Untukmenemukansolusiataspermasalahtersebut perludilakukankajianevaluatifataspendidikanekonomi di SMA. Penelitianinibertujuanuntukmengevaluasidanmemutuskankualitas input proses danhasilbelajarpendidikanekonomiberdasarkontekspendidikanekonomi yang ideal di SekolahMenengahAtas (SMA) sertamenyusunrekomendasiuntukmemperbaikikualitaspendidikanekonomi di SMA. Model evaluasi yang dipergunakandalampenelitianiniadalah model CIPP (Contex Input Process Product). Penelitiandanevaluasidilakukanterhadappendidikanekonomi yang ada di 9 sekolahnegeridanswasta di Kota Malang dengan status akreditasiberagam dari status akreditasi A hingga yang belumterakreditasi. Subjekpenelitian 9 orang guru dan 90 orang siswa. Metodepengumpulan data dilakukansecarabervariasiterdiridokumentasi observasi angket dan test. Data yang terkumpuldandipergunakanuntukkepentinganevaluasidianalisissecaradeskriptif. Prosedurevaluasidilakukandenganlangkah-langkah evaluasicontex dilanjutkandenganevaluasiinput. Kemudianditeruskandenganevaluasiprocessdankemudiandiakhiridenganavaluasiproduct. Hasildarisemuatahapevaluasitersebutdipergunakanuntukmenyusunrekomendasi. Dari hasilevaluasidapatdirumuskanrekomendasibagisemuaaspek yang terkaitdenganpendidikanekonomi di SMA. Bagiaspekkurikulumdirekomendasikanuntukdilakukanrekonstruksidengantujuanutamamemasukkannilai-nilaiekonomikeIndonesiansebagaisalahsatukompetensi yang harusdikuasaipesertadidik. Untuk guru direkomendasikanadanyaperencanaan yang besifatkomprehensifuntukpembinaandanpeningkatankualitas guru ekonomi danpemberianotonomibagi guru ekonomiuntukmerancang melaksanakandanmelakukankegiatanevaluasihasilbelajarsiswa. Bagisiswauntukmeningkatkanminatmerekabelajarekonomiperludiberikankegiatanprapelajaranekonomi yang disajikansaatmerekamelaksanakankegiatanorientasistudi di awaltahunpelajaran. Untuksaranadanprasaranapendidikanekonomiperluditingkatkankuantitasdankualitasbahanpustaka ekonomi danpengembanganlaboratoriumpendidikanekonomi di sekolah-sekolah. Berdasarkanhasilpenelitiandapatdiberikan saran utamayaitumembentuk Tim KonsorsiumPendidikanEkonomi yang beranggotakan para ahlipendidikanekonomiuntukmerumuskanberbagai program pengembanganpendidikanekonomi yang terkaitdenganrekonstruksikurikulumpendidikanekonomi program pembinaandanpeningkatan guru ekonomi sertapengembanganlaboratoriumekonomi di berbagai SMA di Indonesia.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64809

Actions (login required)

View Item View Item