Pengembangan perangkat diklat kewirausahaan untuk meningkatkan pengetahuan berwirausaha TKI pascamigrasi di Kabupaten Lombok Timur / Muh. Fahrurrozi

Fahrurrozi, Muh. (2015) Pengembangan perangkat diklat kewirausahaan untuk meningkatkan pengetahuan berwirausaha TKI pascamigrasi di Kabupaten Lombok Timur / Muh. Fahrurrozi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muh.Fahrurrozi, 2015: Pengembangan Perangkat Diklat Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Berwirausaha TKI Pascamigrasi Di Kabupaten Lombok Timur. Disertasi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Wahjoedi, M.E.,M.Pd (II) Prof. Dr. H. Bambang Banu Siswoyo, M.M., (III) Dr. Sunaryanto, M.Ed. Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Diklat Kewirausahaan, Pengetahuan Berwirausaha, TKI, Lombok Timur Hasil penelitian Mafruhah, dkk. (2011), menjelaskan permasalahan utama yang dihadapi oleh TKI pascamigrasi adalah kurangnya keterampilan yang dimiliki, (30%) ketersediaan modal yang belum mencukupi, (28%), belum mengetahui apa yang akan dilakukan (24%) dan (18%) bimbang dan resah kalau berwirausaha tidak adanya pasar atau takut kalau barang yang akan dijual tidak ada yang membeli. Berdasarkan survei pendahuluan pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lombok Timur ditemukan bahwa dalam penyelenggaraan Diklat kewirausahaan TKI pascamigrasi selama ini: pertama, modul kewirausahaan tidak didesain dan dikembangkan sesuai dengan komponen modul Diklat yang dapat memudahkan warga belajar; kedua, modul kewirausahaan tidak disertai dengan panduan tutor, panduan warga belajar. Pengelola program kewirausahaan belum memiliki perangkat Diklat yang baku sebagai acuan dan pendukung penyelenggaraan Diklat. Perangkat Diklat dimaksud merupakan suatu rancangan kegiatan pembelajaran yang terdiri dari silabus, panduan tutor dan modul Diklat kewirausahaan. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan tujuan (1) Untuk menghasilkan perangkat Diklat kewirausahaan berupa, silabus, panduan tutor dan Modul Kewirausahaan untuk meningkatkan pengetahuan berwirausaha TKI pascamigrasi di Kabupaten Lombok Timur. (2) Menjelaskan keefektifan perangkat Diklat kewirausahaan untuk meningkatkan pengetahuan berwirausaha bagi TKI pascamigrasi di Kabupaten Lombok Timur. Secara metodologi, untuk mencapai tujuan tersebut, maka dalam kajian ini menggunakan model desain sistem pembelajaran Dick & Carey (2009) yang tahapan utamanya meliputi: (1) mengidentifikasi kebutuhan untuk menentukan tujuan umum pembelajaran, (2) melakukan analisis pembelajaran, (3) mengidentifikasi tingkah laku masukan dan karakteristik pembelajaran, (4) merumuskan tujuan khusus pembelajaran, (5) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran, (8) merancang dan melakukan penilaian formatif, (9) merevisi materi pembelajaran. Data pada tahapan uji coba produk dijaring dengan menggunakan koesioner/instrumen. Secara keseluruhan data dianalisis secara deskriptif dan penilaian penyajian lisan. Keseluruhan data dianalisis secara deskriptif kuantitatif berupa penyajian sederhana dan kuantitatif berupa Uji Paired Samples Statistics dengan bantuan Software SPSS For Windows. Produk pengembangan berupa perangkat Diklat kewirausahaan yang terdiri atas modul kewirausahaan, panduan Tutor dan silabus di uji coba melalui evaluasi formatif yang meliputi beberapa tahap yaitu: (1) review ahli isi kewirausahaan; (2) review ahli desain pembelajaran; (3) review penilaian kepala Diklat Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lombok Timur; (4) uji coba perorangan; (5) uji kelompok kecil; (6) dan uji coba lapangan, dan (7) Penilaian tutor Diklat Kewirausahaan. Data hasil evaluasi formatif berupa saran, tanggapan atau penilaian dari subjek uji coba digunakan sebagai masukan untuk merevisi dan menyempurnakan perangkat Diklat kewirausahaan yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan temuan-temuan sebagai berikut: (1) pelaksanaan pendidikan dan pelatihan belum optimal dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lombok Timur, bahkan dalam Diklat masih cendrung konvensional. (2) Hasil uji produk menunjukkan bahwa secara keseluruhan perangkat Diklat kewirausahaan, silabus, panduan tutor dan modul kewirausahaan yang dihasilkan sangat baik atau sangat layak. Hasil uji lapangan bisa dilihat dari indikasi saat pengukuran efektifitas perangkat Diklat kewirausahaan melalui pre test dan post test bahwa pengetahuan berwirausaha TKI pascamigrasi terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan Diklat kewirausahaan, sehingga perangkat Diklat kewiraushaan layak digunakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat. Berdasarkan simpulan tersebut bahwa terdapat perbedaan pengetahuan berwirausaha TKI pascamigrasi sebelum dan setelah mempelajari modul kewirausahaan. Hal ini berarti bahwa perangkat Diklat kewirausahaan yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam peroses pendidikan dan pelatihan. Berdasarkan hasil simpulan penelitian dan pengembangan di atas bahwa perangkat Diklat ini sudah layak dan efektif untuk digunakan, maka perangkat Diklat kewirausahaan ini sebaiknya digunakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lombok.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64807

Actions (login required)

View Item View Item