Farida, Eka (2015) Pengembangan model pembelajaran kewirausahaan berbasis proyek untuk menumbuhkan semangat wirausaha mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro / Eka Farida. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Farida Eka 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Proyek untuk Menumbuhkan Semangat Wirausaha Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi. Disertasi Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W M.A. M.Si. (II) Prof. Dr. H. Bambang Banu Siswoyo M.M. (III) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed. Kata kunci kewirausahaan pembelajaran berbasis proyek semangat wirausaha Perguruan tinggi memiliki tiga peranan penting dalam pendidikan kewirausahaan yaitu (1) sebagai fasilitator budaya kewirausahaan (2) mediator keterampilan dan (3) lokomotif pengembangan bisnis regional. Pada hakikatnya tujuan pendidikan kewirausahaan perguruan tinggi bukan sekedar mencetak pencari kerja tetapi juga sebagai pencipta lapangan kerja (Fitriati 2011). Fakta di lapangan menunjukkan pembelajaran kewirausahaan yang selama ini berlangsung masih dalam bentuk klasikal pengajaran teori di dalam kelas dimana mahasiswa umumnya merupakan peserta pasif. Padahal dalam setiap proses pembelajaran supaya efektif peserta didik atau mahasiswa harus terlibat didalam pengalaman belajarnya (Lawrence dkk 2005). Atas dasar permasalahan dan tujuan pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi maka upaya yang dianggap sesuai untuk menyelesaikan adalah melalui model pembelajaran kewirausahaan berbasis proyek. Tujuan penelitian secara rinci adalah (1) menyusun model pembelajaran kewirausahaan berbasis proyek untuk menumbuhkan semangat wirausaha mahasiswa dan (2) menguji efektifitas model pembelajaran kewirausahaan berbasis proyek untuk menumbuhkan semangat wirausaha mahasiswa pada prodi pendidikan ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research development model DBR (Design Based Research) dari Reeves (2006). DBR merupakan metodologi yang penting untuk memahami bagaimana kapan dan mengapa inovasi pendidikan dirancang dilaksanakan dan dievaluasi. Terdapat 4 (empat) tahapan kegiatan dalam penelitian. 1) Identifikasi kebutuhan paket pembelajaran 2) Menyusun desain dan prototipe paket pembelajaran kewirausahaan berbasis proyek 3) Melakukan uji validasi dan penyempurnaan prototipe paket pembelajaran kewirausahaan berbasis proyek (uji produk) 4) Melakukan penyempurnaan produk akhir paket pembelajaran kewirausahaan berbasis proyek yang siap dikomunikasikan dan digunakan oleh dosen dalam pembelajaran matakuliah kewirausahaan. Hasil penelitian meliputi 4 (empat) hal berikut. (1) Identifikasi awal menunjukkan bahwa model pembelajaran kewirausahaan belum menyeimbangkan teori dan praktik bersifat parsial dan model pembelajaran belum mantap. Melalui penelitian ini telah disusun model pembelajaran dengan menerapkan pengembangan DBR yang menyeimbangkan teori dan praktik praktikum yang komperhensif dan aplikatif (2) Uji validasi oleh ahli pendidikan dan kewirausahaan dan uji terbatas oleh responden menunjukkan bahwa tujuan isi materi dan sajian pembelajaran dilihat dari konten dan kebahasaan adalah sangat baik sedangkan dilihat dari perwajahan tergolong baik (3) Uji produk akhir menunjukkan bahwa gaya belajar mahasiswa mayoritas tergolong akomodator. Hasil penilaian portofolio mahasiswa sebagian besar tergolong baik. Produk yang dihasilkan kelompok kerja mahasiswa telah sesuai dengan gaya belajarnya. Uji efektifitas menunjukkan pembelajaran kewirausahaan berbasis proyek telah mampu menumbuhkan semangat wirausaha mahasiswa dengan sangat baik (4) Revisi produk akhir dilakukan pada bagian (a) bahan ajar yaitu memisahkan antara materi dengan lembar kerja mahasiswa (b) petujuk pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan menekankan pada perencanaan dan pelaksanaan proses serta penilaian hasil pembelajaran (c) disusun petunjuk dosen sebagai rambu-rambu penerapan pembelajaran. Saran pemanfaatan dari produk yang dihasilkan adalah (1) dosen dapat memanfaatkan sebagai referensi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kewirausahaan sehingga memperoleh learning outcomes yang baik (2) diterapakan dalam kegiatan belajar mengajar untuk menumbuhkan semangat wirausaha mahasiswa (3) penerapan pada program studi pendidikan ekonomi untuk mewujudkan keunggulan program studi sehingga dapat mencapai competitive adventage yang diharapkan dan (4) dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64806 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |