Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produktivitas rumah tangga petani hortikultura di Kabupaten Minahasa (studi pendidikan ekonomi rumah tangga) / Allen A. Ch. Manongko

Manongko, Allen A. Ch. (2015) Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produktivitas rumah tangga petani hortikultura di Kabupaten Minahasa (studi pendidikan ekonomi rumah tangga) / Allen A. Ch. Manongko. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Manongko Allen A.Ch, 2015. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Produktivitas Rumah Tangga Petani Holtikultura Di Kabupaten Minahasa (Studi Pendidikan Ekonomi Rumah Tangga). Disertasi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Promotor: Prof. Dr. Ery Tri Djamika R.W.W. M.A., M.Si; Ko-Promotor 1: Prof. Dr. Agus Suman, SE., DEA; Ko-Promotor II: Dr. Hari Wahyono, M.Pd. Kata Kunci: Produktivitas Rumah Tangga Petani, Perilaku Produktif, Perilaku Konsumtif, Sikap Petani, Kondisi Petani, Persepsi Petani Atas Lingkungan Studi ini didasarkan oleh fakta yang terungkap tentang permasalahan produktivitas dari rumah tangga petani di kabupaten Minahasa yang dalam kegiatan usahataninya belum menunjukkan adanya perubahan, sikap mental sebagai rumah tangga petani, dan perilaku dalam kegiatan produksi atau konsumsi, dalam memanfaatkan, mengelola, dan menggunakan sumberdaya ekonomi. Hasil identifikasi, permasalahan terdeskripsi sebagai perilaku hidup yang kurang produktif, dan kurang rasionalnya pola hidup konsumtif, serta kurang siapnya mental sebagai rumah tangga petani. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produktivitas rumah tangga petani holtikultura di Kabupaten Minahasa. Faktor-faktor yang terkait dengan penelitian ini yaitu persepsi petani atas lingkungan; kondisi petani; sikap petani; perilaku produktif; produktivitas rumah tangga petani. Secara spesifik penelitian bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menjelaskan pengaruh langsung dan tidak langsung antara variabel eksogen/antaseden (persepsi petani atas lingkungan; kondisi petani), variabel endogen/interviening (sikap petani; perilaku produktif; perilaku konsumtif), dan variabel endogen/ konsekuensi (produktivitas rumah tangga petani). Penelitian eksplanatori ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh rumah tangga petani holtikultura pada tiga kecamatan (Langoan Barat, Tompaso, dan Kawangkoan Barat) di kabupaten Minahasa. Sampel berjumlah 381 rumah tangga, dan dipilih dengan tenik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan model persamaan struktural (SEM) dengan menggunakan program aplikasi LISREL 8.80 for Windows NT. Hasil temuan penelitian menyimpulkan: pertama, adanya hubungan positif dan pengaruh signifikan antar variabel penelitian baik secara langsung maupun tidak langsung. Adapun secara langsung, yaitu: 1) Persepsi petani atas lingkungan terbukti memiliki hubungan positif dan pengaruh signifikan terhadap sikap petani, 2) Kondisi petani terbukti memiliki hubungan positif dan pengaruh signifikan terhadap sikap petani, 3) Persepsi petani atas lingkungan terbukti memiliki hubungan positif dan pengaruh signifikan terhadap perilaku produktif, 4) Kondisi petani terbukti memiliki hubungan positif dan pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif, 5) Sikap petani terbukti memiliki hubungan positif dan pengaruh signifikan terhadap perilaku produktif, 6) Perilaku produktif terbukti memiliki hubungan positif dan pengaruh signifikan terhadap produktivitas rumah tangga petani, dan 7) Perilaku konsumtif terbukti memiliki hubungan positif dan pengaruh signifikan terhadap produktivitas rumah tangga petani. Sedangkan secara tidak langsung, yaitu: 1) Persepsi petani atas lingkungan secara tidak langsung berpengaruh terhadap perilaku produktif melalui sikap petani, 2) Persepsi petani atas lingkungan secara tidak langsung berpengaruh terhadap produktivitas rumah tangga petani melalui perilaku produktif, 3) Persepsi petani atas lingkungan secara tidak langsung berpengaruh terhadap produktivitas rumah tangga petani melalui sikap petani dan perilaku produktif, 4) Kondisi petani secara tidak langsung berpengaruh terhadap perilaku produktif melalui sikap petani, 5) Kondisi petani secara tidak langsung berpengaruh terhadap produktivitas rumah tangga petani melalui perilaku konsumtif, 6) Kondisi petani secara tidak langsung berpengaruh terhadap produktivitas rumah tangga petani melalui sikap petani dan perilaku produktif, dan 7) Sikap petani secara tidak langsung berpengaruh terhadap produktivitas rumah tangga petani melalui perilaku produktif. Kedua, tidak adanya hubungan secara langsung antar sejumlah variabel, yaitu: 1) Persepsi petani atas lingkungan tidak terbukti memiliki hubungan secara langsung dengan perilaku konsumtif, 2) Kondisi petani tidak terbukti memiliki hubungan secara langsung dengan perilaku produktif, 3) Persepsi petani atas lingkungan tidak terbukti memiliki hubungan secara langsung dengan produktivitas rumah tangga petani, 3) Kondisi petani tidak terbukti memiliki hubungan secara langsung dengan produktivitas rumah tangga petani, 4) Sikap petani tidak terbukti memiliki hubungan secara langsung dengan perilaku konsumtif, dan 5) Sikap petani tidak terbukti memiliki hubungan secara langsung dengan produktivitas rumah tangga petani. Hasil temuan penelitian memberikan rekomendasi bagi pengembangan pendidikan ekonomi rumah tangga petani, yaitu: pembelajaran ekonomi melalui pendidikan baik secara non formal, maupun informal perlu diupayakan oleh masing-masing rumah tangga. Dengan proses pembelajaran dan pelatihan ekonomi, diharapkan akan terbangun literasi ekonomi dan keuangan dikalangan rumah tangga petani; melaui pembelajaran ekonomi, rumah tangga petani akan terbentuk perilaku produktif sebagai pelaku ekonomi yang memiliki kemampuan manajerial dalam mengefektifkan kegiatan usahatani produktif yang maksimal; melalui pembelajaran ekonomi, rumah tangga petani akan terbentuk perilaku konsumtif yang rasional sebagai pelaku ekonomi yang memiliki kemampuan manajerial dalam mengefisienkan kegiatan konsumtif dengan memaksimalkan utilitas; dan hasil temuan penelitian dapat dijadikan sebagai bahan pengembangan materi pembelajaran ekonomi yang bersifat kontekstual.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64803

Actions (login required)

View Item View Item