Pengaruh jejaring sosial online terhadap intensi berwirausaha mahasiswa program sarjana di Indonesia / Finnah Fourqoniah

Fourqoniah, Finnah (2015) Pengaruh jejaring sosial online terhadap intensi berwirausaha mahasiswa program sarjana di Indonesia / Finnah Fourqoniah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fourqoniah, Finnah. 2015. Pengaruh Jejaring Sosial Online Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Program Sarjana di Indonesia. Disertasi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. JG. Nirbito, M.Pd (II) Prof. Dr. Bambang Sugeng, M.A (III) Dr. Hari Wahyono, M.Pd. Kata Kunci : Intensi berwirausaha, perceived desirability, perceived feasibility, adopsi jejaring sosial online, struktur jejaring sosial online, kualitas informasi jejaring sosial online. Fenomena saat ini, telah terjadi perubahan lingkungan sosial khususnya pada kaum muda (mahasiswa). Perubahan yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi infomasi itu membuat pola komunikasi dan hubungan sosial menjadi lebih efisien melalui interaksi didunia maya. Sebagai bagian dari media sosial online, jejaring sosial online menawarkan ragam interaksi berbasis online. Keterkaitan atau ketergantungan mahasiswa pada jejaring sosial diduga mempengaruhi intensi berwirausaha. Konten informasi yang ada dimedia tersebut dan pola hubungan/komunikasi yang terjalin antar anggota jaringan secara online mampu memotivasi mereka untuk menjadi seorang wirausahawan. Jejaring sosial online memfasilitasi mereka untuk belajar mengenali peluang, memahami proses, dan memulai usaha bisnis. Secara umum penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan variabel adopsi jejaring sosial online, struktur jejaring sosial online dan kualitas informasi jejaring sosial online dalam mempengaruhi intensi berwirausaha mahasiswa program sarjana di Indonesia melalui mediasi perceived desirability dan perceived feasibility, yang rinciannya adalah untuk menguji : a) pengaruh adopsi jejaring sosial online terhadap perceived desirability dan perceived feasibility b) pengaruh struktur jejaring sosial online terhadap perceived desirability dan perceived feasibility c) pengaruh kualitas informasi jejaring sosial online terhadap perceived desirability dan perceived feasibility d) pengaruh langsung perceived desirability dan perceived feasibility terhadap intensi berwirausaha e) serta menguji perceived desirability dan perceived feasibility yang memediasi hubungan variabel eksogen (adopsi, struktur, dan kualitas informasi) terhadap intensi berwirausaha. Pendekatan penelitian ini adalah explanatory research. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan angket kepada responden secara online melalui facebook survey dan google forms. 1500 permohonan partisipasi survey dikirimkan kepada calon responden. 343 responden mengisi angket sehingga respon rate penelitian ini adalah 22.87%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) Jejaring sosial online adalah asset yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran wirausaha b) adopsi dan struktur jejaring sosial online berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived desirability dan perceived feasibility c) kualitas informasi jejaring sosial online hanya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived feasibility d) perceived desirability dan perceived feasibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha e) perceived desirability memediasi hubungan dua variabel eksogen jejaring sosial online, yaitu adopsi dan struktur, terhadap intensi berwirausaha sedangkan perceived feasibility memediasi ketiga variabel eksogen, yaitu adopsi, struktur, dan kualitas informasi, terhadap intensi berwirausaha. Implikasi teoretik hasil penelitian ini yaitu perluasan model Entreprenurial Event Theory (EET) dan memberikan bukti empiris bahwa ketiga variabel eksogen yang diteliti mempengaruhi pembentukan intensi berwirausaha melalui mediasi perceived desirability dan perceived feasibility. Walaupun model temuan penelitian hanya berlaku pada karakteristik populasi, hasil penelitian ini dianggap sebagai pengembangan teori intensi berwirausaha, khususnya tentang proses tumbuhnya intensi berwirausaha melalui proses belajar dijejaring sosial online berdasarkan teori sosio-cognitive dan konektivism.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64801

Actions (login required)

View Item View Item