Pengaruh pengembangan modal manusia, modal proses, modal pelanggan, modal struktural terhadap kinerja bisnid lembaga keuangan mikro (studi pada usaha ekonomi desa simpan pinjam di Provinsi Riau) / Bambang Supeno

Supeno, Bambang (2015) Pengaruh pengembangan modal manusia, modal proses, modal pelanggan, modal struktural terhadap kinerja bisnid lembaga keuangan mikro (studi pada usaha ekonomi desa simpan pinjam di Provinsi Riau) / Bambang Supeno. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Supeno, Bambang. 2014. Pengaruh Pengembangan Modal Manusia, Modal Proses, Modal Pelanggan, Modal Struktural Terhadap Kinerja Bisnis Lembaga Keuangan Mikro (Studi Pada Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam di Provinsi Riau). Disertasi, Program Doktor Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Promotor : Prof. Dr. H. Wahjoedi, M.E., dan Ko-Promotor : Prof. Dr. H. Agus Suman, SE., DEA, dan Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto, M.Si., M.Ed. Kata Kunci : Pengembangan Modal Manusia, Modal Proses, Modal Pelanggan, Modal Struktural , Kinerja Bisnis. Lembaga Keuangan Mikro (LKM) telah lama menjadi sarana untuk mengembangkan ekonomi rakyat dan memberdayakan rakyat kecil, disamping itu LKM merupakan salah satu pendekatan dalam menanggulangi kemiskinan, karena dapat berfungsi sebagai lembaga yang menyediakan berbagai jasa keuangan, untuk kegiatan produktif maupun konsumtif bagi keluarga miskin. Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP) sebagai salah satu lembaga keuangan mikro di Provinsi Riau belum mampu secara keseluruhan menjawab kebutuhan masyarakat akan bantuan modal usaha sebagaimana yang diharapkan. Tujuan penelitian ini menguji dan menganalisis pengaruh langsung maupun tidak langsung Pengembangan Modal Manusia, Modal Proses, Modal Pelanggan, Modal Struktural terhadap Kinerja Bisnis Analisis Jalur digunakan untuk menguji model yang dihipotesiskan secara statistik, serta untuk menentukan sejauh mana model digunakan yang diajukan konsisten dengan data sampel. Secara praktis penelitian ini diharapkan memberikan dua manfaat, pertama: memberikan pemahaman dan kesadaran kepada pengurus lembaga keuangan mikro usaha ekonomi desa simpan pinjam bahwa mereka memiliki budaya organisasi yang dapat mempengaruhi kemampuan manajemen, strategi bisnis dan kinerja lembaga keuangan mikro usaha ekonomi desa simpan pinjam. Kedua: memberikan sumbangan pemikiran kepada Pemerintah Daerah Provinsi Riau dalam menentukan kebijakan pengembangan lembaga keuangan mikro usaha desa simpan pinjam, dan lembaga pendidikan untuk mengembangkan usaha ekonomi desa simpan pinjam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Modal Manusia, Modal Pelanggan, Modal Struktural secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap Kinerja Bisnis. Sedangkan Modal Proses secara negatif dan signifikan berpengaruh terhadap Kinerja Bisnis. Temuan ini menunjukkan bahwa secara empiris Kinerja Bisnis Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam di Provinsi Riau dapat dipengaruhi oleh variabel Pengembangan Modal Manusia, Modal Proses, Modal Pelanggan, Modal Struktural. Temuan dalam penelitian ini adalah pengaruh modal proses tehadap kinerja bisnis sangat rendah dengan arah hubungan negatif dan pengaruh modal struktural terhadap kinerja bisnis terlalu besar dikarenakan besarnya intervensi Pemerintah Daerah, mengakibatkan kinerja bisnis kerdil dan tidak alami karena pengelola UED-SP belum mampu mengelola UED-SP dengan baik dan mandiri yang pada dasarnya merupakan kelamahan sistem manajemen (pengelolaan) dan lemahnya sumber daya manusia (pengelola). Dalam menuju kemandirian UED-SP di Provinsi Riau maka intervensi Pemerintah Daerah semakin lama harus semakin di kurangi agar pengelola UED-SP memiliki kemampuan mengelola dengan baik dan mandiri serta memiliki kemampuan meningkatkan kemandirian UED-SP. Implikasi hasil dari penelitian ini adalah memberikan masukan bagi masyarakat pemanfaat LKM UED-SP dalam pemanfaatan modal disektor riil untuk kegiatan usaha produktif, bagi para pengelola dapat memberikan semangat meningkatkan kinerja bisnis simpan pinjam dengan pelayanan, produk dan strategi yang inovatif, meningkatkan kualitas dan kuantitas pengelola melalui peningkatan pengetahuan dan kapasitas manajerial, pendidikan dan pelatihan secara berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64800

Actions (login required)

View Item View Item