Pengaruh dukungan guru, sarana prasarana serta dunia usaha dan industri terhadap kemampuan beradaptasi kerja yang dimediasi oleh keterampilan kerja siswa SMK di Surabaya / Parjono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh dukungan guru, sarana prasarana serta dunia usaha dan industri terhadap kemampuan beradaptasi kerja yang dimediasi oleh keterampilan kerja siswa SMK di Surabaya / Parjono

Parjono (2015) Pengaruh dukungan guru, sarana prasarana serta dunia usaha dan industri terhadap kemampuan beradaptasi kerja yang dimediasi oleh keterampilan kerja siswa SMK di Surabaya / Parjono. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Parjono 2014. Pengaruh Dukungan Guru Sarana Prasarana serta Dunia Usaha dan Industri terhadap Kemampuan Beradaptasi Kerja yang Dimediasi oleh Keterampilan Kerja Siswa SMK di Surabaya. Disertasi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Djumilah Zein (II) Prof. Dr. J.G. Nirbito M.Pd (III) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata Kunci Dukungan Guru Dukungan sarana prasarana Dukungan DUDI Kemampuan Beradaptasi Kerja dan Keterampilan Kerja Peran dan fungsi guru sarana prasarana dan lingkungan dunia usaha/industri/kerja sangat dominan dalam proses transformasi pengetahuan sikap perilaku dan keterampilan kerja kepada siswa SMK. Proses pembelajaran di SMK bertumpu pada Pendidikan Sistem Ganda yaitu model pembelajaran yang mengintegrasikan kegiatan belajar di sekolah dengan kegiatan nyata di lingkungan dunia usaha/industri/kerja. Prinsip pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan keterkaitan dengan lapangan kerja dan sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan lingkungan dunia usaha/industri/kerja. Pembekalan pengetahuan sikap perilaku dan keterampilan kerja siswa dilakukan melalui pendidikan dan latihan berbasis kompetensi sehingga siswa mampu menguasai kecakapan mental kecakapan fisik kecakapan tehnis kecakapan kerja kecakapan hidup yang diperlukan untuk memasuki lapangan kerja dan/atau kehidupan pribadinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menganalisis dan menjelaskan pengaruh langsung dukungan guru sarpras dan DUDI terhadap pembentukan keterampilan kerja dan pengaruh tidak langsung dukungan guru sarpras dan DUDI terhadap kemampuan beradaptasi kerja siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanasi. Penelitian ini menggunakan populasi sasaran yang berjumlah 1.036 siswa yang telah melaksanakan kegiatan praktek kerja industri (prakerin) yaitu semua siswa program keahlian keuangan administrasi perkantoran dan pemasaran di SMKN 1 SMKN 4 dan SMKN 10 Surabaya. Sampel penelitian ditetapkan secara proporsional random sampling sehingga ditetapkan 360 siswa dengan rincian 40 siswa untuk setiap program keahlian. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara terbatas. Tehnik analisis data menggunakan analisis jalur. Simpulan penelitian ini meliputi (1) Ada pengaruh langsung dukungan guru terhadap keterampilan kerja yaitu semakin efektif guru mentransformasi pengetahuan sikap perilaku dan keterampilan maka keterampilan kerja siswa juga semakin meningkat (2) Ada pengaruh langsung dukungan sarana prasarana terhadap keterampilan kerja yaitu semakin lengkap dan terbaru kondisi sarpras maka semakin mudah siswa mengenali peralatan kerja (3) Ada pengaruh langsung dukungan DUDI terhadap keterampilan kerja yaitu semakin terbuka lingkungan DUDI dalam menyalurkan membimbing mendampingi menilai dan memberi sertifikasi kerja maka keterampilan kerja siswa juga semakin meningkat (4) Ada pengaruh langsung penguasaan keterampilan kerja terhadap kemampuan beradaptasi yaitu semakin lengkap keterampilan kerja maka semakin mudah beradatasi kerja (5) Ada pengaruh tidak langsung dukungan guru terhadap kemampuan beradaptasi kerja melainkan harus melalui pembentukan keterampilan kerja (6) Ada pengaruh langsung dukungan sarana dan prasarana terhadap kemampuan beradaptasi kerja meskipun tidak dimediasi keterampilan kerja (7) Ada pengaruh langsung dukungan DUDI terhadap kemampuan beradaptasi kerja meskipun tidak dimediasi keterampilan kerja.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64797

Actions (login required)

View Item View Item